Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

10 Kewajiban Umat Islam Era Kemunduran Saat Ini (1) 

Jumat 05 Mar 2021 21:09 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 10 kewajiban umat Islam hadapi kemunduran saat ini. Allah/Ilustrasi

Terdapat 10 kewajiban umat Islam hadapi kemunduran saat ini. Allah/Ilustrasi

Terdapat 10 kewajiban umat Islam hadapi kemunduran saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Peradaban Islam memang pernah mencapai puncak kejayaan dan keemasannya. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, umat Islam tertinggal jauh dari peradaban di dunia Barat. Karena itu, kam Muslimin harus melakukan beberapa hal untuk mengembalikan kejayaan Islam.

Dalam artikelnya di laman Saaid, Radwan bin Ahmad Al-Awadi menjelaskan bahwa setidaknya ada 10 kewajiban yang perlu dilakukan umat Islam di era kemunduran saat ini, yaitu:  

Pertama, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Radwan bin Ahmad menjelaskan bahwa umat Islam harus selalu taat kepada ajaran hukum Islam, membersihkan hati dari politeisme dan kemunafikan, dan memperkuat ajaran tauhid. 

Baca Juga

Selain itu, menurut dia, di era kemunduran ini umat Islam juga harus meninggalkan semua hal yang dilarang oleh Allah dan melaksanakan semua yang diperintahkan-Nya, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah. Allah SWT berfirman:

وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنْتُمْ تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ آيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ ۗ وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ “Barangsiapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Ali Imran: 101).

Kedua, meninggalkan konflik dan perselisihan. Di era kemundurannya ini, umat Islam juga harus berhenti berkonflik dan berselisih. Umat Islam harus bersatu agar bisa meraih kejayaannya kembali. Allah SWT berfirman: 

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِ  “Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.” (QS Al-Anfal: 46).

Dalam kitab Tafsir Fatḥ al-Qadir, Imam al-Syaukani menjelaskan tentang makna konflik. Dia berkata, “Perbedaan pendapat, maka sesungguhnya itu menyebabkan kegagalan, dan itu adalah kepengecutan dalam perang.”

Konflik di antara umat Islam adalah penyebab utama kemunduran umat Islam. Allah SWT telah menjadikan konsekuensi dari konflik di antara umat Islam sebagai siksaan yang hebat. (QS Ali Imran ayat 105).  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA