Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

HUT Ke-33 BSI, Prodi SIA Berbagi Semangat dan Energi Positif

Jumat 05 Mar 2021 20:59 WIB

Red: Irwan Kelana

Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI berbagi  semangat dan energi positif.

Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI berbagi semangat dan energi positif.

Foto: Dok UBSI
Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) UBSI sangat layak dipilih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BSI (Bina Sarana Informatika) telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Kini BSI dikenal sebagai kampus Universitas BSI. 

Hari ulang tahun (HUT) ke-33 BSI jadi perayaan istimewa di tengah wabah Covid-19. “Namun kita tetap harus bersyukur dan kuat hadapi ujian dan tantangan ini bersama. Rasa syukur diwujudkan dengan menyatukan semangat dan energi positif sebagai langkah yang signifikan,” kata Adi Supriyatna, kepala program studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA), dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/3) .

Ia menambahkan, kampus Universitas BSI hadir dengan Prodi  yang sangat layak untuk dipilih, di antaranya Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Fakultas Teknik dan Informatika (FTI). “Prodi ini merupakan program studi yang memadukan ilmu sistem informasi dengan ilmu akuntansi,” ujarnya.

Di dalamnya, kata dia,  mempelajari tentang dasar dasar akuntansi dan pemrograman yang dibutuhkan oleh Accounting Analyst, Accounting Software Implementor, Programmer dan Entry Data Manager untuk merancang, mengembangakan dan menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi/perusahaan.

“Prodi SIA kampus BSI, mendukung dosen dan mahasiswa yang sedang menjalani proses perkuliahan secara daring agar tetap menjaga mutu pendidikan dan lulusan, melalui kualitas perbaikan kurikulum secara konsisten, yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri,” paparnya.

Menurutnya, untuk menjaga kualitas pendidikan pada kondisi saat ini, tetap harus memperhatikan inovasi dan konsistensi yang dibekali dengan kerja sama dengan dunia industri serta melibatkan praktisi. Mahasiswa perlu dibekali dengan sertifikasi kompetensi hingga pengembangan technopreneurship dan program-program lainnya guna menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya. 

“Prodi SIA telah melakukan kerja  sama industri dengan beberapa stakeholder di antaranya PT Zahir Internasional, Preinexus, PT Lifelong Learning (Multimatics), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), PT Telemarketing Indonesia (Teleperformance), PT Mitra Seribu Saudara, PT Berca Hardayaperkasa, PT Graha Bumi Hijau (Tissue Tessa),” tuturnya.

Ia menjelaskan kerja  sama ini sebagai bentuk dukungan Prodi SIA terhadap kualitas keahlian mahasiswa agar selaras dengan kebutuhan dunia industri. Selain itu Prodi SIA juga telah mengukir banyak prestasi melalui mahasiswanya yang bertalenta. Di  antara prestasi tersebut secara rutin menjuarai kompetisi nasional Gunadarma All About Accounting Competition (GAAAC) dan juga memenangkan perlombaan Video Kreatif Akuntansi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Diploma Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University.

“Tak luput dari perhatian Prodi SIA, mahasiswa generasi penerus bangsa yang berperan sebagai agent of change juga perlu dibina bakat serta talentanya dalam sebuah wadah Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa). Himasa  senantiasa bergerak dalam menebar manfaat pada masyarakat luas, baik itu dalam bentuk penyuluhan, bantuan ataupun pembekalan materi berupa pelatihan sampai dengan lomba kreativitas yang diperuntukkan bagi masyarakat umum untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka,” imbuh Adi.

Selanjutnya, prodi SIA akan terus berkontribusi guna meningkatkan kualitas lulusan kampus Universitas BSI terutama lulusan prodi SIA agar dapat diterima dan mampu menjawab tantangan masa depan.

“Kami, Prodi SIA akan terus berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang sistem informasi juga terampil dan berkompeten di bidang akuntansi guna mendukung ekonomi kreatif,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA