Jumat 05 Mar 2021 20:06 WIB

Koalisi Arab Saudi Hancurkan Empat Drone Houthi

Houthi yang didukung Iran meningkatkan serangan drone

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Kelompok pemberontak Houthi Yaman
Foto: AP/Hani Mohammed, File
Kelompok pemberontak Houthi Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, KHAMIS MUSHAIT -- Koalisi yang dipimpin Arab Saudi dalam perang Yaman menghancurkan empat drone kelompok Houthi. Organisasi pemberontak itu mengatakan meluncurkan serangan ke Kota Khamis Mushait, tenggara Arab Saudi.

Baru-baru ini Houthi yang didukung Iran meningkatkan serangan drone lintas batas dan rudal ke kota-kota Arab Saudi. Sebagian besar mengincar bagian tenggara negara itu. Koalisi Arab Saudi mengatakan mereka berhasil menghalau serangan terbaru.

Baca Juga

Pada Jumat (5/3) kantor berita SPA melaporkan tembakan drone Houthi ke Kota Khamis Mushait dekat perbatasan Yaman berhasil dihalau. Koalisi mengatakan serangan dilakukan pada fajar dan pagi hari. Mereka mengatakan berhasil menghalau dan menghancurkan empat drone.

Di Twitter juru bicara Houthi  Yahya Sarea mengatakan tiga drone ditembakkan dan mengenai Bandara Internasional Abha dan Pangkalan Udara Raja Khalid di sekitar Khamis Mushait. Kamis (4/3) lalu Houthi mengatakan mereka menembakan rudal ke fasilitas Aramco di Jeddah.

Pihak berwenang Arab Saudi tidak melaporkan adanya korban jiwa dan terluka dalam serangan tersebut. Amerika Serikat (AS) dan PBB kembali mendorong upaya perdamaian di Yaman saat pertempuran di wilayah Marib yang kaya minyak semakin intensif.

Pada Kamis kemarin (4/3), Departemen Keuangan AS memberlakukan sanksi baru pada dua pemimpin militer Houthi. Perang di Yaman dianggap sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran yang memperebutkan pengaruh di Timur Tengah. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement