Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Pelindo I Diharapkan Tingkatkan Kontribusi Sumatra pada PDB

Jumat 05 Mar 2021 18:00 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Pelabuhan Kuala Tanjung yang dikelola anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus meningkat dengan semakin banyaknya kunjungan kapal serta aktivitas bongkar muat petikemas, curah cair, dan general cargo.

Pelabuhan Kuala Tanjung yang dikelola anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus meningkat dengan semakin banyaknya kunjungan kapal serta aktivitas bongkar muat petikemas, curah cair, dan general cargo.

Foto: Pelindo I
Pelindo I terus berupaya melakukan inisiatif dan terobosan untuk mendorong kinerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengharapkan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) dapat meningkatkan kontribusi Sumatra terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Terlebih, saat ini Pelindo I sudah melakukan pengembangan di pelabuhan yang dikelola.

"Dengan berbagai faktor potensial dan dinamika perkembangan yang ada, Pelindo I diharapkan berperan penting mendorong peningkatan kontribusi wilayah itu hingga 25 persen terhadap PDB dalam beberapa tahun mendatang," kata Setijadi, Jumat (5/3).

Dia menuturkan, SCI mengapresiasi Pelindo I dalam pengembangan ekosistem Pelabuhan Kuala Tanjung. Pelindo I telah bekerja sama dengan DHL Global Forwarding Indonesia dalam memberikan pelayanan operasional logistik terintegrasi dan akan bekerja sama dengan pemain logistik internasional lainnya seperti Amazone dan Alibaba.

Sebelumnya, Pelindo I resmi menjalin kerja sama dengan DHL Global Forwarding Indonesia yang perusahaan penyedia jasa logistik terkemuka di dunia yang memberikan pelayanan operasional terintegrasi. Setelah kerja sama tersebut, Direktur Utama Pelindo I Dani Rusli Utama mengatakan akan melakukan kerja sama lainnya untuk memaksimalkan Pelabuhan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate (Kuala Tanjung PIE).

"Setelah dengan DHL, kami akan bekerja sama dengan pemain logistik internasional lainnya seperti Amazone dan Alibaba,” kata Dani dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (2/3).

Dani mengatakan, dalam membangun ekosistem dan mempersiapkan Kuala Tanjung PIE sebagai gerbang utama Indonesia ke jaringan logistik global, maka Pelindo I harus  bersinergi dengan banyak perusahaan logistik. Dani menilai, kerja sama Pelindo I dengan DHL akan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak serta memberikan layanan yang lebih murah, cepat, dan transparan.

Dani memastikan, Pelindo I terus berupaya melakukan inisiatif dan terobosan baru untuk mendorong kinerja perusahaan. Hal tersebut menurutnya juga sekaigus berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan memperkuat dan memperluas layanan logistik.

Untuk itu, Dani mengatakan, Pelindo I menjalin kerja sama dengan DHL Global Forwarding Indonesia. “Kerja sama tersebut meliputi transportasi, pergudangan, manajemen pergudangan, teknologi informasi, distribusi barang, dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya secara khusus di Pelabuhan Kuala Tanjung PIE,” ungkap Dani.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU Kerjasama dalam bisnis solusi logistik pada Senin (1/3) di Jakarta. Direktur Utama DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong mengatakan sangat bangga dapat bekerja sama dengan Pelindo I dengan melakukan kolaborasi yang dilakukan dalam freight forwarding dan peluang bisnis proyek logistik.

“Dengan kerjasama ini, kami yakin dapat meningkatkan kinerja dan kualitas layanan serta membeikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Vincent.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA