Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Jay-Z Jual Sahamnya di Layanan Streaming Musik Tidal

Jumat 05 Mar 2021 10:44 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Beyonce dan Jay Z

Beyonce dan Jay Z

Foto: EPA
Saham milik Jay-Z dibeli senilai Rp 4,2 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jay-Z menjual kepemilikan saham mayoritasnya di layanan streaming musik audio dan video, Tidal, kepada perusahaan layanan keuangan dan pembayaran seluler Amerika Serikat, Square. Square mengakuisisi saham Jay-Z senilai 297 juta dolar AS atau setara Rp 4,2 triliun. 

Square merupakan perusahaan milik Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter. Berdasarkan ketentuan kesepakatan, Jay-Z akan mempertahankan saham mereka dan menjadi pemegang saham terbesar kedua. Jay-Z akan bergabung dengan dewan direksi Square.

"Mengapa perusahaan streaming musik dan perusahaan jasa keuangan bergabung?! Kami percaya ada satu hal yang menarik antara musik dan ekonomi," kata Dorsey dalam unggahannya di Twitter, dikutip The Guardian, Jumat (5/3). 

Baca Juga

Ini adalah kesepakatan kedua dalam beberapa minggu untuk Jay-Z. Rapper tersebut juga telah menjual setengah perusahaan sampanye miliknya, Armand de Brignac atau lebih dikenal sebagai Ace of Spades, kepada perusahaan barang mewah LVMH.

Sebelumnya, Jay-Z membeli kepemilikan saham mayoritas Tidal dari artis lain dengan harga 56 juta dolar AS atau Rp804 miliar pada 2015. Tidal menawarkan audio dan video berkualitas tinggi dan membayar tarif royalti yang lebih baik kepada artis daripada saingannya Spotify.

Sementara Tidal telah menawarkan lebih dari 70 juta lagu dan 250 ribu video berkualitas tinggi. Meski demikian, pasar global masih didominasi oleh Spotify, Apple Music, dan Amazon Music. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA