Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Satgas Pastikan Kerja Sama Swasta tak Komersialisasi Vaksin

Jumat 05 Mar 2021 06:49 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil

Satgas Pastikan Kerja Sama Swasta tak Komersialisasi Vaksin. Foto: Ilustrasi vaksin.

Satgas Pastikan Kerja Sama Swasta tak Komersialisasi Vaksin. Foto: Ilustrasi vaksin.

Foto: istimewa
Kerja sama vaksin dengan swasta bukan komersialisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah sedang cukup aktif menggandeng sejumlah platform digital untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapat vaksinasi Covid-19. Terbaru, pemerintah membuka layanan vaksinasi drive thru bagi warga lanjut usia (lansia) yang ber-KTP DKI Jakarta di lapangan parkir Hall C Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Layanan vaksinasi gratis bagi lansia tersebut menggandeng perusahaan swasta, yakni Gojek dan Halodoc. Vaksinasi drive thru ini sudah dimulai Rabu (3/3) kemarin dan berlanjut sampai akhir tahun 2021.

"Program vaksinasi drive thru ini merupakan kerja sama Kemkes, Halodoc, dan Gojek. Untuk mendapat layanan vaksinasi drive thru, lansia DKI Jakarta cukup mendaftar melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc," ujar Wiku dalam keterangan pers, Kamis (4/3).

Pemerintah berharap, semakin banyak layanan vaksinasi drive thru dapat mengurangin antrean warga lansia di fasilitas kesehatan. Selain itu, Wiku juga menegaskan bahwa kerja sama yang dijalin pemerintah dengan swasta ini tidak lantas mengkomersialisasikan vaksin Covid.

"Perlu diingat kerja sama yang dijalin dengan Halodoc atau Gojek bukan bentuk komersialisasi vaksinasi covid. Kerja sama ini upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di DKI Jakarta. Vaksinasi drive thru ini juga gratis dan tidak dipungut biaya apapun," kata Wiku.

Baca juga : Target KLB Diprediksi untuk Bikin Partai Demokrat Kembar

Selain lansia, Kemkes dan Kemenparekraf juga menjalin kerja sama dengan Grab serta Good Doctor untuk membuka layanan vaksinasi drive thru bagi pelaku pariwisata di Bali. Pusat vaksinasi pertama sudah beroperasi di Bali mulai 27 Feb sampai 5 Maret untuk gelombang I. Kemudian pada 13-19 Maret 2021 dibuka gelombang II berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center.

"Program Vaksinasi yang ditujukan untuk pelaku wisata ini juga gratis dan diharapkan dapat akselerasi tercapainya kekebalan komunitas dan pulihkan sektor wisata di Bali," kata Wiku. 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA