Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

5 Lima Hal yang Membuat Terhindar dari Siksa Kubur

Jumat 05 Mar 2021 05:55 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Pada intinya orang yang saleh dan takwa akan terhindar dari siksa kubur. Ilustrasi ziarah kubur

Foto:
Pada intinya orang yang saleh dan takwa akan terhindar dari siksa kubur

Makna hadits ini adalah bahwa pertanyaan di alam kubur dibuat untuk menguji orang-orang yang benar-benar beriman. Sedang penegasan tentang kilatan pedang yang membuatnya tak terhindar dari kematian adalah bukti jelas dari ketulusan iman seorang syuhada. 

3. Hafal surat Tabarak (Al Mulk) dan istiqamah mentilawahkannya. Sebagaimana bunyi hadits,  dari Ibnu Abbas, ada seorang sahabat Rasulullah yang membuat tenda dekat kuburan, ia tidak menegtahui bahwa tempat itu adalah kuburan.

Sahabat itu kemudian menyadari bahwa tempat itu adalah kuburan seseorang, tiba-tiba dia mendengar dari dalam kubur itu bacaan surat Al-Mulk hingga khatam. Rasulullah pun bersabda:

هي المانعة، هي المنجية تنجيه من عذاب القبر  “Itu (surat Al Mulk) adalah penangkal penyelamat yang menyelamatkan pembacanya dari azab kubur.” 

4. Meninggal karena sebab penyakit perut. Dalam sebuah hadits menceritakan Sulaiman bin Sard, Rasulullah SAW bersabda: 

“Siapa yang meninggal karena sakit di perutnya, niscaya tidak akan di adzab di dalan kuburnya.” 

Hadits ini diriwayatkan at-Tirmidzi. Hadits ini merupakan hadits garib. Yang dimaksudkan meninggal karena mengalami sakit pada perut sehingga terlepas dari siksa kubur adalah karena penyakit perut seperti kanker perut, kanker usus besar, maag dan sebagainya.

5. Meninggal pada malam jumat dan hari Jumat. Dalam sebuah hadits yang diceritakan melalui riwayat Abdullah bin Umar RA bahwa Rasulullah pernah bersabda: 

ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر “Tidaklah seseorang meninggal pada hari Jumat atau pada malam Jumat kecuali Allah menjaga dirinya dari fitnah kubur.” 

Hadits ini diriwayatkan Ahmad dan Tirmidzi. Dan hadits ini menunjukan bahwa meninggal pada hari Jumat maupun malam Jumat menjadi sebab seseorang terhindar dari siksa kubur.

 

 

Sumber: islamweb

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA