Kamis 04 Mar 2021 23:43 WIB

Polres Pati Siagakan 1.603 Personel Amankan Pilkades

Sebanyak 50 dari 219 desa penyelenggara pilkades dalam kondisi rawan.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.
Foto: Republika
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

REPUBLIKA.CO.ID, PATI -- Polres Pati, Jawa Tengah siap melakukan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah setempat. Sebanyak 1.603 personel gabungan telah disiapkan untuk perhelatan pesta demokrasi pedesaan tersebut.

"Dari ratusan personel tersebut, meliputi 898 personel Polres Pati, 300 personel BKO Pam TPS dari Polres Rembang, Blora, Grobogan, Kudus, dan Jepara serta 405 personel BKO Ikatan Pleton dari Polres Blora, Grobogan, Demak, Semarang, Kendal, Dalmas Polda Jateng dan Brimob Polda Jateng," kata Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa'at, Kamis (4/3).

Ia mengungkapkan, jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kabupaten Pati sebanyak 219 desa yang tersebar di 21 kecamatan. Dari jumlah tersebut, yang termasuk kriteria aman sebanyak 169 desa dan kriteria rawan 50 desa.

Jumlah itu sesuai pemetaan sementara karena saat ini masih tahap pendaftaran. Selain itu, terdapat desa rawan banjir. Selain upaya pendekatan, upaya lain untuk menyukseskan pilkades serentak 2021, di antaranya membentuk Satgas anti judi dan politik uang dan melaksanakan apel bersama Babinkamtibmas dan Babinsa.

Terkait dengan masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pati juga menerbitkan Peraturan Bupati nomor 88/2020 yang pelaksanaannya disesuaikan dengan prokes Covid-19. Aturan tersebut juga ada pembenahan dibandingkan perbub sebelumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement