Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Siasat Pemkot Bekasi Jaga Laju Vaksin Agar tak Terputus

Kamis 04 Mar 2021 22:00 WIB

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ratusan prajurit TNI di Bekasi disuntik vaksin Covid-19 di Hall Basket Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Selasa (2/3).

Ratusan prajurit TNI di Bekasi disuntik vaksin Covid-19 di Hall Basket Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Selasa (2/3).

Foto: istimewa
Pemkot Bekasi mengaku takkan jor-joran agar stok vaksin tak terputus

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Laju vaksinasi di Kota Bekasi hingga 27 Februari 2021 belum mencapai 100 persen. Untuk penyuntikan dosis pertama, memang jumlah orang divaksin sudah mencapai 96,6 persen. Namun, pada penyuntikan dosis kedua masih berada di angka 79,7 persen dari total jatah tahap pertama yakni 14.060 sasaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezy Syukrawati, menjelaskan, ada cukup banyak sasaran yang dropping out dari program vaksinasi usai disuntik dosis pertama.

“Kita pakai istilahnya DO. (Drop out) dari program. DO itu macam-macam, misalnya setelah suntikan pertama ternyata dia terkonfirmasi. Itu artinya dia menjadi DO sehingga tidak bisa disuntik kedua,” kata Dezy saat ditemui Republika.co.id di kantornya, Rabu (3/3).

Berdasarkan data yang diterima Republika, jumlah peserta atau sasaran vaksin yang DO dari program ada 13,1 persen. Jumlah ini mewakili kurang lebih 1.841 sasaran yang belum disuntik vaksin dosis kedua setelah 14 hari kerja.

“DO itu bergabung dengan yang tunda, konfirmasi, komorbid dan sebab lain misalnya melakukan perjalanan sehingga belum kembali ke layanan untuk suntik ke dua,” terang dia.

Seiring dengan bolongnya jatah yang sudah terdata itu, Pemkot Bekasi juga kedatangan dosis vaksin secara bertahap dari pemerintah pusat. Namun, jumlah tersebut tak dapat sekaligus memenuhi kuota sasaran yang dimandatkan oleh pusat. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA