Kamis 04 Mar 2021 21:10 WIB

Papan Jalan Abbey Road 'Beatles' Terjual Rp 740 Juta

Di jalan ini, band The Beatles merekam 90 persen karyanya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Sampul album Abbey Road milik The Beatles.
Foto: telegraph.co.uk
Sampul album Abbey Road milik The Beatles.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Papan jalan Abbey Road laku terjual seharga 37.200 poundsterling atau sekitar Rp 714 juta dalam lelang. Papan jalan itu terjual melebihi perkiraan awal yang diprediksi hanya laku sekitar 2.000 poundsterling (Rp 39 juta).

Abbey Road merupakan jalan kecil yang terletak di London Utara, yang masyhur berkat The Beatles. Pada 1960-an, band rock legendaris itu merekam sekitar 90 persen lagunya di Abbey Road Studios.

Abbey Road menjadi nama untuk album ke-11 The Beatles. Sampul album Abbey Road yang menampilkan potret George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr, dan John Lennon menyeberang di zebra cross luar studio EMI di kawasan St John's Wood, juga menjadi foto paling ikonik.

Papan jalan berwarna hitam, putih dan merah itu dibuat pada 1967 oleh Sir Misha Black. Papan jalan Abbey Road merupakan salah satu dari 275 papan jalan yang dijual atas nama Dewan Kota Westminster dalam lelang.

"Sebagai warga London selatan, proyek penjualan papan jalan London begitu menyenangkan, dari awal hingga akhir. Suatu kehormatan kami bisa terlibat di dalamnya," kata juru lelang, Catherine Southon, seperti dilansir di laman BBC pada Kamis (4/3).

"Saya benar-benar terkejut dengan tingginya minat para kolektor dengan penawaran kompetitif dari seluruh dunia," ujar Southon.

Papan jalan lain yang dijual termasuk dua untuk Eaton Place, yang masing-masing dijual seharga 2.728 poundsterling, New Cavendish Street yang dijual seharga 2.728 poundsterling, dan Ebury Bridge Road yang dijual seharga 1.364 pounsterling.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement