Kamis 04 Mar 2021 23:17 WIB

Danone Indonesia Raih Tiga Penghargaan PR of The Year

Program yang raih penghargaan yaitu Aqua Lestari, Bijak Berplastik dan Bidik Nutrisi.

Tim Corporate Comunication Danone Indonesia
Foto: Istimewa
Tim Corporate Comunication Danone Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Danone Indonesia kembali meraih penghargaan untuk program-program komunikasinya sepanjang tahun 2020. Tiga penghargaan disabet dalam perlombaan program kehumasan Indonesia’s PR of The Year 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah MIX MarComm yang diselenggarakan secara virtual Rabu (3/3).

Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Danone Indonesia menyatakan, meskipun situasi pandemi hampir sepanjang tahun 2020 membawa tantangan tersendiri, program komunikasi untuk membangun kepercayaan publik masih harus terus dilakukan.

“Kami percaya bahwa program komunikasi yang baik harus terus dilakukan untuk memberikan informasi terkait isu nutrisi dan lingkungan,” kata Arief dalam rilisnya, Kamis (4/3).

“Melalui kampanye pelestarian lingkungan, kanal digital, pelatihan untuk media, tim Corporate Communication Danone Indonesia menghidupkan visi One Planet One Health untuk terus membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat dan bumi,” tambah Arif.

 

Beberapa program yang meraih penghargaan antara lain program “Aqua Lestari” dalam kategori The Best Creative PR Program 2020, program “Bijak Berplastik” dalam kategori The Best Social PR Program 2020, dan program “Bidik Nutrisi” sebagai The Best Media Relations Program 2020. Ketiga program ini unggul dari ratusan program kehumasan lain dari berbagai sektor dan institusi.

AQUA Lestari merupakan kampanye inisiatif di media sosial yang berfokus pada isu edukasi seputar keberlanjutan termasuk korelasi antara pentingnya kesehatan planet dan individu. Di sisi lain, pihaknya juga melakukan komunikasi akan beragam inisiatif perusahaan dari Danone-AQUA yang dapat menginspirasi publik untuk melakukan beragam kebaikan seputar isu lingkungan dan kesehatan.

Kampanye ini tidak hanya berfokus pada komunikasi maupun edukasi netizen di media sosial melalui sharable content di facebook, instagram, twitter namun juga hadir dalam bentuk keterlibatan audiens dalam beragam aktivasi digital yang dilakukan seperti kolaborasi dengan komunitas, influencers, bloggers hingga beragam institusi yang relevant agar pesan seputar aksi kebaikan akan lingkungan yang dapat tersampaikan ke sebanyak mungkin orang.

Penghargaan kedua untuk Program “Bijak Berplastik” yang merupakan inisiatif Danone-AQUA untuk berkontribusi untuk target pemerintah dalam mengurangi sampah plastik di lautan sebesar 70 persen di lautan melalui tiga komitmen penting yaitu Pengumpulan Botol Plastik, Edukasi dan Inovasi.

Untuk membangun kesadaran masyarakat dan stakeholders yang lebih luas seputar ini, Danone-AQUA melakukan kampanye Bijak Berplastik di kanal digital dengan membuat sharable content di social media (facebook, twitter, Instagram, microsite), menghadirkan pakar seputar isu pengelolaan sampah yang menarik dan inspiratif melalui aktivasi digital seperti webinar, podcast, Instagram Q&A.

Di sisi lain, Danone-AQUA juga melakukan kolaborasi dengan influencers, komunitas untuk mengedukasi masyarakat secara luas hingga mengajak partisipasi audiens dalam beragam insiatif seperti program bersih-bersih pantai, donasi untuk pemulung dalam bagian Kerjasama AQUA dan Octopus hingga melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dan mengirimkan ke Bank Sampah terdekat melalui Grab Express Recycle yang bekerjasama dengan Danone-AQUA.

Sementara itu, program Bidik Nutrisi merupakan sarana edukasi kepada pewarta foto yang berfokus kepada penguatan kapasitas jurnalis foto terutama terkait isu nutrisi seperti pencegahan stunting. Rangkaian Bidik Nutrisi terdiri dari Stunting Sharing Session, Photography Workshop, Photostory Workshop, Mini Photo Hunting, dan Photo Competition. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 60 pewarta foto dan pewarta foto lepas di Jawa Barat dan Jawa Timur sepanjang bulan Desember 2019 hingga Januari 2020. Kegiatan ini ditutup dengan kompetisi foto yang terbagi atas kategori jurnalistik dan sosial media.

Di tahun-tahun sebelumnya, tim Corporate Communication Danone Indonesia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan di ajang yang sama. Beberapa diantaranya adalah penghargaan terhadap program Bincang Air, program Sapu Jagad, Jelajah Gizi, Journalist Goes to Campus, maupun kampanye Pangan Aman Hidup Sehat yang diselenggarakan sepanjang tahun 2018-2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement