Kamis 04 Mar 2021 19:43 WIB

Kemenag Jatim Bersiap Pembukaan Kembali Umroh

Pihaknya akan merancang mitigasi haji jika pelaksanaan ibadah tahunan itu digelar

Rep: Dadang Kurnia/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID,SURABAYA -- Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi menanggapi wacana kembali dibukanya akses ibadah umroh oleh pemerintah Arab Saudi. Zayadi mengaku tengah melakukan persiapan secara maksimal, demi kelancaran jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh ketika dibuka kembali. Termasuk persiapan pelaksanaan ibadah haji, jika nantinya memungkinkan digelar.

Namun demikian, Zayadi menyerahkan sepenuhkan kepada otoritas dari Kerajaan Saudi Arabia “Tetapi tentu kita menyiapkan persiapan maksimal, baik itu ibadah umroh maupun haji di tahun 2021,” ujar Zayadi di Surabaya, Kamis (4/3).

Zayadi melanjutkan, pihaknya akan merancang skenario mitigasi haji jika pelaksanaan ibadah tahunan itu digelar di masa pandemi Covid-19. Menurut dia, mitigasi penting dilakukan mengingat jamaah haji yang terdaftar berasal dari berbagai daerah. Bahkan banyak yang berasal dari pedesaan.

“Mitigasi ini saya kira karena kita sadar betul latar belakang jamaah umroh dan haji ini sebagian besar dari pedesaan. Perlu ada ikhtitiyar yang panjang. Ada tingkat kesiapan mereka dari sisi waktu biaya dan macam-macam, karena tentu akan sangat berbeda pelaksanaannya,” ujar dia.

 

Terkait jumlah jamaah haji dan umroh di Jatim yang hingga kini menunggu keberangkatan, Zayadi mengaku masih menunggu regulasi terlebih dahulu. "Kalau sudah regulasi ada kemudian otoritas Kerajaan Saudi Arabia sudah menyampaikan kepada kita, baru disiapkan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement