Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Usaha Akikah Binaan Rumah Zakat Kian Berkembang

Jumat 05 Mar 2021 03:27 WIB

Red: Hiru Muhammad

Mumtaza Aqiqah yang merupakan unit usaha BUMMas Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat kembali menyembelih dua ekor domba jantan, Senin (22/2).

Mumtaza Aqiqah yang merupakan unit usaha BUMMas Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat kembali menyembelih dua ekor domba jantan, Senin (22/2).

Foto: istimewa
Para penerima manfaat sudah bisa mendapatkan penghasilan dari usaha ini

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA--Mumtaza Aqiqah yang merupakan unit usaha BUMMas Warak Berdaya Farm binaan Rumah Zakat kembali menyembelih dua ekor domba jantan, Senin (22/2).

Penyembelihan ini merupakan pesanan ke dua dibulan Februari 2021. Pesanan tersebut berasal dari pelanggan yang tinggal di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Penyembelihan dilakukan di komplek area kandang komunal milik kelompok tersebut.

Domba sembelihan tersebut selanjutnya akan dimasak dua menu yaitu sate dan gule sesuai permintaan pelanggan. Dwi Pujiyanto, Relawan Rumah Zakat yang ikut mendokumentasikan proses penyembelihan mengatakan bahwa usaha Mumtaza Akikah perlahan sudah membuahkan hasil. Ide usaha ini ia cetuskan saat menginisiasi pembentukan kelompok ternak di Dusun Warak, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga setahun yang lalu.

Para penerima manfaat sudah bisa mendapatkan penghasilan dari usaha ini. Kuncinya tekun dan selalu menjaga kekompakan anggota. "Pembentukan program kelompok ternak ini kami inisiasi setahun yang lalu. Saat itu di bulan Februari 2020 kami memberikan bantuan tiga ekor kambing betina. Alhamdulillah, sekarang sudah ada puluhan ekor kambing dan terbentuk usaha paket akikah siap saji," kata Dwi Pujiyanto. 

Trimo Wahyudi, jagal penyembelihan kambing yang juga pengelola ternak mengaku senang. Usaha aqiqah semakin diminati masyarakat. Kalau melihat pelanggan selama ini dari golongan menengah ke atas. Ajudan wakil Walikota Salatiga juga pernah pesan ke usaha aqiqah ini "Iya, perasaannya senang. Karena usaha berjalan. Ada yang pesan paket akikah. Kami senang sekali. Semoga di tahun 2021 ini lebih banyak lagi yang nantinya pesan paket akikah ke kami," kata Trimo Wahyudi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA