Kamis 04 Mar 2021 18:05 WIB

Project Based Learning, Solusi belajar Anak Usia Dini

Model pembelajaran ini merupakan pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek

Untuk anak-anak usia dini, pembelajaran paling cocok yang bisa diterapkan di masa pandemi adalah project based learning (PJBL) atau pembelajaran berbasis proyek.
Foto:

Di TKIT Nurul Fikri sudah menerapkan PjBL pada awal semester dua tahuan ajaran 2020/2021 dalam bentuk kegiatan Nufi Kids Talk. Tujuan dari PjBL ini menurut Kepala Sekolah TKIT Nurul Fikri, Muji Rahayu, ialah untuk membentuk siswa yang cerdas sesuai dengan karakter SMART (Sholeh Muslih, cerdAs, mandiRi dan Terampil).

"TKIT Nurul Fikri mulai semester 2 menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yaitu metode pembelajaran yang berbasis proyek/kegiatan sebagai sarana bagi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analitis. Project based learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan suatu investigasi dan eksplorasi yang mendalam terhadap topik/ tema tertentu," ujar Muji, seperti dalam siaran persnya, Kamis (4/3).

Untuk tema bulan ini, lanjut Muji, adalah "Depok Kotaku Berkah Karunia Allah SWT" dengan harapan siswa belajar tentang hal-hal yang ada di Depok, seperti ikon kota Depok, kesenian, tempat wisata, alat transportasi, gedung-gedung yang ada di Depok, makanan khas Depok, RS yang ada di Depok, dan lainnya. Kemudian siswa mengeksplor dan membuat proyek berdasarkan informasi yang didapatkan dan ingin diketahuinya.

"Tidak berhenti sampai dengan mengekplor, siswa akan mempresentasikan hasil project yang dikerjakannya di depan teman-temannya," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement