Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Sulit Lepas dari HP? Coba Atasi dengan Cara Ini

Kamis 04 Mar 2021 17:29 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Cara melepaskan diri dari kecanduan HP (ilustrasi).

Cara melepaskan diri dari kecanduan HP (ilustrasi).

Foto: republika
HP sebaiknya tidak digunakan minimal satu jam sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski bermanfaat, penggunaan telepon genggam (handphone) secara berlebihan berpengaruh negatif bagi kesehatan. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun lalu, penggunaan ponsel pintar secara berlebih berkaitan dengan durasi tidur yang lebih pendek pada anak.

Orang-orang yang menggunakan ponsel pintar pada malam hari lebih berisiko mengalami adiksi ponsel pintar. Berdasarkan studi, penggunaan ponsel pintar setelah jam 01.00 dini hari berkiatan dengan peningkatan risiko adiksi ponsel hingga tiga kali lipat.

Untuk menghindari adiksi ponsel pintar dan dampak buruknya terhadap kualitas dan kuantitas tidur, ada empat hal yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah keempat hal tersebut, seperti diungkapkan oleh profesor emeritus di bidang psikologi dari California State University Larry Rosen PhD, seperti dilansir di laman Eat This, Kamis (4/3):

1. Hindari grup email

Mengirim satu surat elektronik atau email melalui grup memang mudah dan dapat mempersingkat waktu. Akan tetapi, surel bisa terkirim kepada orang-orang di dalam grup yang sebenarnya tidak perlu menerima surel tersebut. Selain itu, percakapan yang muncul dari balasan-balasan banyak orang terhadap surel tersebut bisa menjadi distraksi tersendiri.

Coba ciptakan komunikasi lewat surel yang lebih fokus dan padat. Libatkan orang-orang yang memang penting untuk menerima surel tersebut. Dengan cara ini, distraksi dari surel bisa diminimalisir.

2. Batasi pekerjaan hanya pada waktu kerja

Ponsel pintar bisa digunakan untuk mengakses surel, telepon, hingga pesan singkat kapan saja dan di mana saja. Hal ini terkadang dimanfaatkan oleh rekan kerja untuk mengirimkan surel, melakukan telepon, hingga berpesan singkat mengenai urusan pekerjaan di luar jam-jam kerja yang normal.

Beri batasan kepada diri sendiri untuk tidak merespons urusan pekerjaan pada waktu yang tidak seharusnya. Misalnya, membuat batasan dengan hanya merespon pekerjaan dari jam 07.00 pagi sampai 19.00 malam.

3. Buat area bebas ponsel di rumah

Melepaskan diri dari ponsel pintar di masa pandemi Covid-19 memang bukan hal mudah. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk diwujudkan.

Coba berdiskusi dengan keluarga untuk menentukan ruangan apa saja di rumah yang bisa menjadi ruangan bebas ponsel pintar. Misalnya, ruang makan, kamar tidur, atau bahkan di dalam mobil.

4. Jauhi ponsel jelang jam tidur

Paparan sinar biru dari layar ponsel pintar dapat mempersulit seseorang untuk tidur. Oleh karena itu, ponsel pintar sebaiknya tidak digunakan minimal satu jam sebelum tidur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA