Kamis 04 Mar 2021 14:46 WIB

Kenali Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Rendaman air juga otomatis membuat sejumlah kinerja kelistrikan jadi terganggu.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah mobil terendam banjir di Hotel Kebayoran, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota dan sebagian ruas jalan tidak dapat dilewati kendaraan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa
Foto:

Rendaman air juga otomatis membuat sejumlah kinerja kelistrikan jadi terganggu. Jika mobil tersebut mengalami persoalan pada bagian lampu, klakson, speaker atau instrumen kelistrikan lainya maka itu bisa jadi indikasi bahwa mobil itu sempat terkena banjir.

"Untuk beberapa mobil tertentu, banjir yang sempat masuk ke dalam kabin juga mempengaruhi kinerja jok elektrik. Biasanya, jok elektrik yang bergerak dengan pelan atau terpatah-patah maka itu menandakan bahwa air sempat masuk ke dalam kabin," kata dia.

Bagi konsumen yang memang tergiur dengan mobil bekas yang sempat terendam banjir karena harganya yang menggoda, ia juga memiliki sejumlah anjuran yang dapat dilakukan agar mobil tersebut tak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Menurutnya, konsumen tersebut harus segera melakukan general check-up di bengkel resmi. Konsumen juga sangat dianjurkan untuk menyampaikan kepada service advisor bahwa mobil itu sempat terendam banjir.

Lewat informasi krusial itu, lanjut dia, maka teknisi akan menjalankan prosedur pemeriksaan yang lebih komprehensif. Sejumlah prosedur itu diantaranya adalah pemeriksaan service record atau catatan historis soal perawatan apa saja yang pernah dilakukan pada mobil tersebut.

Selanjutnya, teknisi juga akan melakukan pemeriksaan pada elemen kelistrikan dan sensor. "Untuk pemeriksaan fungsi sensor, teknisi akan menggunakan scanner sehingga pemeriksaan dapat berjalan dengan optimal," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement