Kamis 04 Mar 2021 14:31 WIB

Pasien Covid-19 di RS Boyolali Tersisa 44 Kasus

Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Boyolali disebut terus turun.

Pasien Covid-19 di RS Boyolali Tersisa 44 Kasus
Foto: Pixabay
Pasien Covid-19 di RS Boyolali Tersisa 44 Kasus

IHRAM.CO.ID, BOYOLALI -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali Ratri S. Survivalina menyebutkan kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Boyolali, Jawa Tengah terus menurun. Sekarang tersisa sebanyak 44 kasus yang masih perawat di rumah sakit.

"Kasus Covid-19 di Boyolali hingga Kamis ini, pasien yang masih dirawat di rumah sakit Boyolali 41 kasus dan tiga lainnya dirawat di RS luar Boyolali sehingga totalnya 44 kasus," kata Ratri, di sela vaksinasi tahap kedua di Boyolali, Kamis (4/3).

Baca Juga

Ratri menyampaikan jumlah kasus Covid-19 di Boyolali secara akumulasi sebanyak 5.547 kasus. Sedangkan, pasien yang masih dirawat di RS ada 44 kasus dan menjalani isolasi mandiri 154 kasus.

Jumlah warga yang sudah dinyatakan sembuh Covid-19 di Boyolali hingga saat ini, mencapai 5.142 kasus dan meninggal dunia akibat terinfeksi virus ada 207 kasus. "Persentase angka warga sembuh Covid-19, di Boyolali tinggi yakni mencapai sekitar 92,7 persen, dan angka kematian mencapai 3,7 persen," kata Ratri.

Oleh karena itu, angka skoring indeks Kesehatan Masyarakat (IKM) Covid-19 di Boyolali hingga sekarang 1,96 atau masuk zona risiko sedang atau warna oranye. Ratri menjelaskan menurunnya kasus Covid-19 di Boyolali terlihat pada penambahan hingga Kamis ini, hanya 10 kasus.

Jika melihat perkembangan data per minggu mengalami penurunan. Pada minggu ketiga mencapai 308 kasus, dibanding minggu terakhir ini, 140 kasus. "Penurunan kasus Covid-19 ini, dampak adanya program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga saat ini," katanya.

Hal tersebut, kata dia, juga berdampak pada tingkat keterisian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali dalam penanganan Covid-19 di wilayah ini. RSUD Pandan Arang Boyolali keterisian RS untuk ruang isolasi kasus Covid-19 dari kapasitas 138 tempat tidur (bed) kini hanya terisi 41 tempat tidur atau sekitar 30 persen.

Ruang ICU dari kapasitas 13 tempat tidur hanya terisi dua tempat tidur, sehingga persentasenya hanya sekitar 15 persen. Menyinggung soal kegiatan vaksinasi, dia menjelaskan dampaknya belum bisa dilihat dalam jangka pendek, tetapi dilihat manfaatnya dalam jangka panjang.

Setelah antibodi terbentuk secara optimal di seluruh kelompok masyarakat. RS Darurat Covid-19 di Boyolali yang menangani gelala ringan dan isolasi kini juga kondisi kosong pasien.

"Kami catat kasus Covid-19 di Boyolali, terus menurun terutama kasus-kasus yang bergejala," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement