Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Cara Menemukan Ponsel iPhone atau Android yang Hilang

Kamis 04 Mar 2021 12:32 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Ponsel Pintar (ilustrasi)

Ponsel Pintar (ilustrasi)

Foto: VOA/Reuters
Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mencari ponsel yang hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara untuk menemukan perangkat iPhone atau Android Anda yang hilang. Jika Anda kehilangan jejak smartphone Ios atau Android, baik Apple dan Google menampilkan teknologi pengambilan telepon internal sebagai bagian dari paket perangkat asli yang bekerja melalui akun perangkat Anda.

Keduanya memungkinkan pengguna mengunci dan menghapus ponsel dari jarak jauh, membuatnya berdering dan mengatur pesan khusus untuk memperingatkan siapa pun yang menemukannya.

Dilansir dari Digital Trends, Kamis (4/3), cara termudah untuk menemukan handset Android yang hilang adalah menggunakan fitur Find My Phone yang melalui Layanan Google Play. Fitur ini juga dapat digunakan di browser atau diunduh dari Google Play Store.

Layanan tersebut harus tersedia menggunakan Wi-Fi atau GPS untuk membantu pengguna menemukan perangkatnya.

Buka Pengaturan, lalu pilih Google (atau layanan Google).

  • Tekan Keamanan dan pastikan Temukan perangkat ini dari jarak jauh dihidupkan di bagian Find My Phone
  • Pengguna mungkin diminta untuk masuk. Saat membuka atau menelusuri di browser desktop, pengguna akan melihat semua perangkat pengguna tercantum di bagian atas, jadi cukup pilih tab yang relevan untuk menemukan perangkat tertentu yang pengguna cari.
Jika pengguna tidak dapat memulihkan ponsel cerdasnya, pengguna selalu dapat menghapusnya untuk mencegah informasi sensitif jatuh ke tangan yang salah. Perangkat Anda akan membutuhkan koneksi dan daya yang cukup untuk berkomunikasi dengan Anda.

Di Android 5.0 Lollipop, Google memperkenalkan Factory Reset Protection (FRP). Fitur ini dirancang untuk mencegah pencuri mencuri ponsel Anda, menghapusnya, lalu menggunakannya atau menjualnya.

Jika Anda menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik dengan mengaktifkan FRP dan mencoba menyiapkannya sebagai perangkat baru, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan sandi untuk akun Google terakhir yang didaftarkan pada perangkat tersebut. Jika tidak bisa, ponsel akan tetap terkunci.

Baca Juga

Prey Antri Theft

Android juga berfungsi dengan beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang untuk menemukan ponsel cerdas Anda. Salah satu aplikasi tersebut, Prey Anti Theft.

Aplikasi itu memiliki fitur akses dan kontrol jarak jauh, memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai keberadaan ponsel Anda. Ini memberikan kontrol yang lebih terperinci atas bagaimana Anda atau polisi dapat melacak perangkat Anda-koordinat GPS, foto dari kamera untuk membantu menangkap pencuri dan pemberitahuan lain yang lebih mendetail yang tidak ditawarkan oleh Find My Device.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA