Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Sumbar siap jadi tuan rumah wisata MICE nasional 2021

Kamis 04 Mar 2021 12:10 WIB

Red: Hiru Muhammad

Sejumlah kapal nelayan yang tidak melaut bersandar di Muaro Padang, Sumbar, Kamis (9/2). Pemerintah daerah akan menjadikan kawasan muara Sungai Batang Arau sebagai pusat tujuan wisata terintegrasi.

Sejumlah kapal nelayan yang tidak melaut bersandar di Muaro Padang, Sumbar, Kamis (9/2). Pemerintah daerah akan menjadikan kawasan muara Sungai Batang Arau sebagai pusat tujuan wisata terintegrasi.

Foto: FOTO ANTARA/Arif Pribadi
Dalam beberapa tahun terakhir, wisata MICE mulai menggeliat di Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Sumatera Barat siap menjadi tuan rumah untuk wisata pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition/MICE) dengan penerapan protokol kesehatan."Gubernur Sumatera Barat menyurati semua kementerian dan lembaga menyatakan Sumbar siap jadi tuan rumah MICE," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial di Padang, Kamis (4/3).

Ia mengatakan menyurati kementerian dan lembaga itu adalah suatu upaya untuk mengatifkan dan mengakselerasi wisata MICE di Sumbar. Dalam beberapa tahun terakhir, wisata MICE mulai menggeliat di Sumbar. Infrastruktur hotel dengan ruang konvensi yang memadai didukung potensi wisata yang beragam membuat jenis wisata tersebut berkembang pesat.

Namun pandemi Covid-19 membuat "kecambah" wisata MICE yang mulai tumbuh itu seperti dikebiri. Nyaris tidak ada kegiatan pertemuan dan konvensi skala besar yang digelar di daerah itu.Pandemi Covid-19 membuat kegiatan melibatkan banyak orang dilarang demi upaya pengendalian penyebaran virus.

Memasuki 2021, optimisme wisata MICE kembali menggeliat. Novrial mengatakan pihaknya mengedepankan penerapan protokol kesehatan di bidang pariwisata. Mulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), hotel hingga destinasi sudah menerapkan protokol kesehatan."Apalagi sekarang semua daerah di Sumbar sudah zona kuning Covid-19 menuju hijau. Jadi bisa dikatakan aman untuk berwisata termasuk MICE," katanya.

Sebelumnya Wahyu Wicaksono mewakili Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi dan PameranKemenparekraf mengatakan untuk mengaktifkan kembali wisata MICE ada panduan yang wajib diikuti. Panduan CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (Kesehatan) Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) itu dipersiapkan untuk membangkitkan kembali pariwisata MICE dalam masa pandemi Covid-19.

Ketentuan yang termuat dalam panduan itu mengacu pada panduan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, asosiasi pariwisata MICE internasional dan mengacu juga pada panduan WHO."Tujuannya agar sektor MICE kembali siap dan mampu bangkit kembali. Memberikan jaminan Sumbar jadi destinasi aman, nyaman dan mampu bersaing di dunia internasional," katanya.

Sosialisasi panduan CHSE MICE itu sudah mulai dilaksanakan pada 2020 dan dilanjutkan pada 2021, salah satunya di Padang.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA