Kamis 04 Mar 2021 12:00 WIB

Cara Donwload Video dari Instagram

Instagram tidak menawarkan opsi bawaan untuk mengunduh video yang ingin disimpan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Instagram memudahkan pengguna untuk menemukan dan menandai video yang mungkin mereka minati. Tetapi Instagram tidak menawarkan opsi bawaan untuk mengunduh video yang ingin disimpan.

Namun, bukan berarti video dari Instagram tidak bisa disimpan atau diunduh. Dilansir dari Tech Radar, Kamis (4/3) berikut ini merupakan beberapa opsi terbaik yang dapat digunakan untuk mengunduh video Instagram.

Baca Juga

Menyimpan video Instagram ke PC

Ada banyak situs web yang memungkinkan pengguna mengunduh video Instagram dan semuanya bekerja dengan cara yang hampir sama. Namun, salah satu yang termudah dan paling andal, yakni DreDown.

Untuk menggunakan situs ini, pengguna harus mengunjungi Instagram dan memuat video yang diminati. Salin URL dari bilah alamat browser web Anda, alihkan ke halaman DreDown, klik tautan Instagram di atas, lalu temple URL ke bot teks di halaman DreDown. Tekan tombol DreDown, tunggu sementara video dianalisis, lalu unduh.

Layanan berbasis web lain yang bekerja dengan cara serupa termasuk DownloadGram dan Download Instagram Video.

Menyimpan  video Instagram di iPhone.

Batasan keamanan yang diberlakukan dengan iOS berarti bahwa mengunduh video Instagram tidak semudah di desktop. Namun, tidak terlalu rumit. Salah satu yang bisa digunakan adalah adalah Blaze: Browser & File Manager. Cukup salin URL kiriman Instagram dari aplikasi Instagram lalu tempelkan ke Blaze.

Selanjutnya, Anda perlu mengetuk tombol unduh, lalu pilih opsi untuk ‘Export video To Camera Roll'. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan salah satu opsi berbasis web yang disebutkan di atas jika Anda mau.

Simpan video Instagram di Android.

Untuk pengguna Android, ada beberapa opsi untuk mengunduh video Instagram, termasuk menggunakan salah satu layanan berbasis web yang disebutkan. Namun, ada juga aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah. Salah satu opsi tersebut adalah Video Downloader for Instagram, aplikasi gratis yang sangat sesuai dengan namanya.

Karena aplikasinya gratis, Anda harus tahan dengan iklan. Video Downloader for Instagram melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjelaskan cara menggunakannya.

Caranya, di dalam aplikasi Instagram, ketuk tombol tiga titik di kanan atas kiriman tempat Anda ingin menyimpan video dan pilih ‘Salin tautan’. Beralih ke Video Downloader for Instagram dan pilih opsi ‘Tempel’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement