Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Jokowi Dorong UMKM Tingkatkan Ekspor

Kamis 04 Mar 2021 12:00 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden RI, Joko Widodo

Presiden RI, Joko Widodo

Foto: BPMI
Masih dibutuhkan lebih banyak UMKM yang menjadi eksportir dalam jumlah yang besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya membantu para pelaku UMKM agar mampu melakukan ekspor produk-produk buatan lokal hingga ke pasar luar negeri. Indonesia, kata dia, masih membutuhkan lebih banyak UMKM yang menjadi eksportir dalam jumlah yang besar.

Ia menyebut, sebanyak 90 persen pelaku ekspor saat ini merupakan UMKM. Namun kontribusi ekspornya hanya sebesar 13 persen. “Artinya kapasitasnya perlu ditambah, perlu diperbesar,” kata Jokowi saat meresmikan pembukaan rapat kerja nasional kementerian perdagangan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3).

Karena itu, ia pernah mengingatkan kepada Menteri Perdagangan agar Dewan Penunjang Ekspor kembali dihidupkan untuk membantu UMKM memperbaiki produksinya dan juga memperbaiki design serta packaging-nya. Sehingga kualitas produk-produk lokal pun menjadi lebih baik.

Baca Juga

“Dan ini harus berkolaborasi dengan kementerian, lembaga, institusi yang lain dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM kita di pasar global,” kata Jokowi.

Untuk mengembangkan UMKM, ia juga mendorong agar memanfaatkan perdagangan digital. Transformasi digital harus dimanfaatkan untuk menghubungkan suplai produk UMKM di seluruh daerah di Indonesia dengan pasar nasional dan pasar global. Jokowi mengatakan, perdagangan digital harus dapat memberdayakan pelaku UMKM hingga mampu melakukan ekspor.

“Hanya diubah sedikit kemasannya diperbaiki, brand-nya diperbaiki, didorong untuk ekspor. Dan biasanya nanti mulai kacaunya itu kalau sudah menyangkut kapasitas. Ini tugas kita juga untuk mendorong perbankan untuk mau menyuntikan kepada UMKM kita agar kapasitasnya bisa naik,” ucapnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA