Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Ole Keberatan Karantina Pemain 10 Hari Usai Bela Timnas

Kamis 04 Mar 2021 10:17 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer

Foto: AP/Tim Keeton/Pool EPA
Bruno Fernandes bisa absen bela MU jika aturan ini diterapkan Pemerintah Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, mempertanyakan kebijakan anyar terkait keharusan isolasi mandiri selama 10 hari terhadap siapapun yang kembali dari negara yang masuk daftar merah penyebaran Covid-19, yang telah dikeluarkan Pemerintah Inggris. Kebijakan ini berpotensi membuat MU kehilangan sejumlah penggawa andalan selama 10 hari pasca-tampil di laga internasional.

Menurut Solskjaer, pihak klub sepertinya tidak dilibatkan dalam pembahasan keputusan karantina selama 10 hari tersebut. Pelatih asal Norwegia ini pun menilai, cukup sulit buat United dan klub-klub lain untuk melepas pemain-pemainnya tampil di laga internasional, apabila harus melakoni isolasi mandiri 10 hari saat kembali ke Inggris.

Terlebih, menurut Solskjaer, FIFA telah memberikan kebebasan kepada klub terkait pemberian izin kepada seorang pemain untuk tampil di laga internasional. Berdasarkan ketentuan tersebut, klub bisa menolak memberikan izin kepada pemainnya untuk memperkuat timnas negaranya dalam sebuah laga internasional.

''Sepertinya kami belum dilibatkan secara aktif dalam pengambilan keputusan tersebut. Namun, tidak masuk akal apabila klub menerima begitu saja kehilangan pemain selama 10 hari akibat harus menjalani isolasi mandiri. Apa yang saya tahu, FIFA telah memberikan kebebasan kepada klub. Jadi, sulit rasanya buat klub untuk melepas pemain ke negara-negara yang masuk dalam daftar merah,'' kata Solskjaer seperti dilansir ESPN, Kamis (4/3).

Salah satu pemain yang terancam bakal absen di skuad United terkait kebijakan ini adalah Bruno Fernandes. Gelandang asal Portugal itu nantinya harus menjalani 10 hari masa isolasi apabila memperkuat Portugal di laga internasional, akhir bulan ini.

Baca juga : Indra Sjafri: Piala Menpora Harus Tetap Bergulir

Solskjaer pun mengaku tidak mau kehilangan Fernandes, terutama saat United tengah berada dalam fase-fase krusial di pentas Liga Primer Inggris.

''Tentu, saya tetap ingin melihat Bruno di tim ini dan siap menghadapi Brighton (di lanjutan Liga Primer Inggris), dan tampil di babak selanjutnya di pentas Eropa, serta turun di laga kontra Spurs. Tentu saja, itu menjadi harapan terbesar saya setelah jeda internasional,'' jelas eks pelatih Cardiff City itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA