Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Comeback Dramatis Vs Sevilla, Barca ke final Copa del Rey

Kamis 04 Mar 2021 06:49 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

Foto: EPA-EFE/Quique Garcia
Barcelona unggul secara agregat 3-2 setelah pada pertemuan pertama di markas Sevilla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona sukses melaju ke final usai meraih kemenangan penting atas Sevilla 3-0 pada laga leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (4/3) WIB di Camp Nou. Kemenangan ini membuat Barcelona unggul secara agregat 3-2 setelah pada pertemuan pertama di markas Sevilla kalah dengan skor 0-2.

Gol pertama Barcelona ditorehkan oleh Ousmane Dembele pada menit ke-12. Pemain asal Prancis itu melepaskan tembakan kencang dengan kaki kanannya dan mengharah ke pojok kiri atas gawang Sevilla, skor 1-0 untuk Barcelona. Tuan rumah membutuhkan dua gol lagi untuk memastikan satu tempat di babak final dan klub berjuluk Blaugrana tersebut melancarkan gelombang serangan di menit-menit berikutnya.

Barcelona nyaris menambahkan golnya pada menit ke-33. Tembakan Lionel Messi dari sudut sempit mengenai pemain Sevilla dan menuju ke gawang, tetapi bek kiri Marcos Acuna cukup sigap untuk menghalau bola.

Skuad asuhan Ronald Koeman langsung melancarkan serangan di awal babak kedua. Peluang emas baru tercipta pada menit ke-67 setelah Jordi Alba melepaskan tembakan voli dengan memanfaatkan umpan dari Dembele, tetapi bola hanya membentur mistar gawang.

Sevilla mendapatkan penalti pada menit ke-71 setelah Oscar Mingueza melanggar Lucas Ocampos di kotak terlarang sehingga wasit tidak ragu menunjuk titik putih. Sayangnya, tendangan penalti Ocampos masih gagal menaklukan kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen.

Keberuntungan mulai berpihak kepada Barcelona, Sevilla kehilangan pemain usai Fernando diganjar kartu kuning kedua oleh wasit usai melanggar Francisco Trincao pada injury time.

Tidak lama setelahnya, Gerard Pique berhasil mencetak gol kedua Barcelona. Bek veteran tersebut memanfaatkan assist dari Antoine Griezmann dan menjebol gawang Sevilla lewat sundulannya.

Skor 2-0 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjang waktu. Peluang Sevilla untuk melaju ke babak final semakin menipis. Klub asuhan Julen Lopetegui tersebut harus mencetak satu gol agar bisa mengalahkan Barcelona lewat regulasi gol tandang.

Barcelona mencetak gol ketiganya di menit kelima babak tambahan melalui sundulan Martin Braithwaite setelah menyambar crossing Jordi Alba di kotak penalti. Skor menjadi 3-0 untuk Barcelona.

Sevilla mendapatkan kartu merah kedua yang ditujukan kepada Luuk de Jong karena melakukan protes berlebihan. Untungnya, jumlah pemain Sevilla di lapangan tidak berkurang karena De Jong sudah ditarik keluar pada babak kedua.

Barcelona bermain lebih tenang di babak kedua perpanjangan waktu. Tidak banyak peluang yang diciptakan pada momen ini, sedangkan Sevilla harus berjuang untuk mencetak satu gol penting dengan 10 orang pemain di lapangan.

Tidak ada gol tambahan tercipta hingga paruh kedua babak tambahan berakhir. Barcelona menang 3-0, sekaligus memastikan tiket ke final Copa del Rey.

Susunan Pemain:

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza (Junior Firpo 78'), Clement Lenglet, Gerard Pique; Sergio Busquets (Ilaix Kourouma 78'); Sergino Dest (Antoine Griezmann 63'), Frenkie de Jong, Pedri (Martin Braithwaite 89'), Jordi Alba; Ousmane Dembele (Francisco Trincao 89'), Lionel Messi.

Sevilla (4-3-3): Tomas Vaclik; Aleix Vidal (Jesus Navas 54'), Jules Kounde, Diego Carlos, Marcos Acuna (Karim Rekik 54'); Joan Jordan (Munir 105'), Fernando, Oliver Torres (Lucas Ocampos 62'); Suso (Papu Gomez 79'), Luuk de Jong (Ivan Rakitic 54'), Youssef En-Nesyri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA