Rabu 03 Mar 2021 23:09 WIB

Mahasiswa Taiwan Hadirkan Aplikasi Ibadah Bagi Muslim

Aplikasi ibadah yang dirancang mahasiswa Taiwan untuk mudahkan Muslim

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Aplikasi ibadah yang dirancang mahasiswa Taiwan untuk mudahkan Muslim. Ilustrasi sholat
Foto: REPUBLIKA
Aplikasi ibadah yang dirancang mahasiswa Taiwan untuk mudahkan Muslim. Ilustrasi sholat

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA – Seorang mahasiswa yang paham teknologi sejak masa sekolah menengahnya, menghadirkan aplikasi ibadah baru bagi Muslim. Pelajar yang mengenyam pendidikan di Turki ini menamai temuannya dengan sebutan "Wahdapp".

Proses pembuatan ini ia lakukan tahun lalu, ketika Ping Cheng, nama anak tersebut, mulai mengerjakan kode perangkat lunak untuk aplikasi tersebut.

Baca Juga

"Wahdapp memungkinkan Muslim di seluruh dunia mengundang anggota komunitas mereka untuk sholat atau untuk bergabung dengan sholat mereka pada waktu yang tepat," kata dia dilansir di Anadolu Agency, Rabu (3/3).

Cheng, putra diplomat top Taiwan di Ankara, mendarat di ibu kota Turki pada 2013. Setelah lulus SMA pada 2017, ia bergabung dengan Universitas Bilkent yang terkenal untuk belajar ilmu komputer.

Universitas di ibu kota Turki ini menawarkan diri kepada siswa internasional dengan berbagai jenis studi, mulai dari hubungan internasional hingga TI.

Cheng saat ini sedang berada di semester akhir program sarjananya dan mengambil kelas daring dari Taipei. Seperti kebanyakan orang di dunia, Turki beralih ke pengajaran daring awal tahun lalu karena pandemi Covid-19.

Aplikasi yang tersedia di Google Play dan Apple Store ini memiliki pengingat waktu shalat yang bisa diatur sesuai dengan lokasi geografis tertentu.

"Seorang pengguna aplikasi dapat mengundang sesama anggota komunitas untuk shalat ketika waktunya sudah dekat," katanya.

Seorang pengguna dapat mendaftar masuk melalui akun email. Cheng juga menyebut aplikasi ini memiliki peta bawaan yang mengarahkan pengguna ke rumah ibadah.

Tak hanya itu, ia telah menambahkan fitur pada aplikasi tersebut...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement