Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Jangan Ragu Sedekah, Ini Sejumlah Manfaatnya Menurut UAS

Rabu 03 Mar 2021 22:47 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Sedekah mempunyai sejumlah manfaat yang kembali kepada pelakunya. Ilustrasi Sedekah

Sedekah mempunyai sejumlah manfaat yang kembali kepada pelakunya. Ilustrasi Sedekah

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Sedekah mempunyai sejumlah manfaat yang kembali kepada pelakunya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Dalam Islam yang disebut orang yang menang adalah orang yang selamat dari sifat bakhil. 

Menurut Ustadz Abdul Somad, keutamaan-keutamaan mensyukuri nikmat dengan cara bersedekah. Di antaranya yakni orang yang yang bersedekah akan mudah dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Sebagaimana riwayat pemuda soleh yang terbebas setelah terkurung dalam gua. 

Baca Juga

Pemuda itu terbebas setelah berdoa dengan menyebutkan amal sedekah yang pernah dilakukannya. Dari keterangan itu, menurut UAS  bahwa boleh bagi seorang Muslim memanjatkan doa dengan menyebut amal sedekah yang pernah dilakukannya. 

Selain itu UAS menjelaskan bahwa amal sedekah dapat membebaskan seseorang dari berbagai kesulitan atau mempermudah segala urusan yang dihadapi. Sebab itu sangat mulia bahi seseorang yang dapat bersedekah dengan membebaskan utang-utang Muslim yang sudah tidak mempunyai kemampuan lagi untuk melunasinya.  

UAS menjelaskan keutamaan sedekah lainnya yakni menolak datangnya kematian dengan cara yang buruk. Sedekah juga dapat memadamkan kemurkaan Allah dan menjadi sarana membuka pintu surga.

"Karena itu anak-anak kita latih sedekah sejak kecil, seumur hidup dia akan ingat. Ingat hidup kita singkat, tetapi sedekah panjang, sedekah jariyah," sebagaimana dikutip dari dokumentasi Harian Republika. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA