Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

25 Sunnah Dengar Adzan dalam Sehari Ini Kian Dilupakan  

Rabu 03 Mar 2021 20:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Banyak sunnah saat mendengar adzan yang mulai dilupakan. Ilustrasi adzan

Banyak sunnah saat mendengar adzan yang mulai dilupakan. Ilustrasi adzan

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Banyak sunnah saat mendengar adzan yang mulai dilupakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada beberapa hal yang dilakukan umat Islam terdahulu saat mendengar seruan adzan. 

Ibnu Qayyim menjelaskan terdapat lima sunnah saat mendengar adzan, dan dengan demikian terdapat 25 sunnah dalam sehari yang bisa diraih umat Islam, hanya melalui adzan.   

Pertama, mengikuti kalimat yang diucapkan muadzin atau kalimat-kalimat adzan. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Umar bin Khattab RA. Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال: عليه الصلاة والسلام : إذا قال المؤذن الله أكبر الله أكبر فقال أحدكم الله أكبر الله أكبر وفي آخره 

“Jika muadzin menyerukan Allahuakbar, maka salah satu dari kalian ikutilah dengan mengucapkan “Allahuakbar, lalu di akhir adzan tersebut (ucapkanlah yang sama).” 

Kedua,  mengucapkan kalimat:  ر َضِيتُ بِاللَّهِ رَبّاً وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولاً وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا Bacaan tersebut diucapkan setelah muadzin selesai menyerukan adzan. Namun ada juga yang mengatakan, doa tersebut dibaca setelah muadzin melafalkan bagian dua syahadat.

Dalam riwayat disebutkan Muslim yang mengucapkan ini maka akan diampuni Allah SWT. Sebagian ulama berpendapat bahwa ucapan tersebut merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW karena Nabi SAW mengajarkan agar ketika adzan diserukan, para pendengarnya mengulang-ulang kata-kata adzan itu.

Ketiga, membaca shalawat untuk Rasulullah SAW. Keempat, membaca doa usai adzan:  

 اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ 

Dalam hadits Bukhari disebutkan, siapapun yang mengucapkan kalimat di atas maka Allah SWT akan memberikan syafa'at untuknya pada Hari Kiamat kelak.

Kelima, mengucapkan doa di antara adzan dan iqamat. Dalam hadits shahih riwayat Abdullah Amr, disebutkan, Rasulullah SAW mengajarkan bahwa ketika muadzin menyerukan adzan, ucapkan seperti yang diserukannya, dan saat sudah selesai, berdoalah apapun, maka Allah SWT akan mengabulkannya.

Sumber: saaid 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA