Rabu 03 Mar 2021 19:48 WIB

Rekomendasi Film Seru tentang Monster

Sejak pertama kemunculannya pada 1954, karakter Godzilla menjadi ikon populer.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Godzilla
Foto: dok Warner Bros
Godzilla

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ada hal yang menarik dan mengesankan ketika menonton film di bioskop. Suara kencang dan layar yang lebar membuat penonton puas, bahkan bisa berteriak di momentum-momentum tertentu. 

Salah satu film yang dapat melengkapi pengalaman menonton film di bioskop adalah film bertema monster. Film monster menciptakan karakter berkesan yang dapat menghantui mimpi buruk anak-anak dan dewasa.

Salah satu film monster yang layak ditunggu adalah Godzilla vs Kong. Sambil menunggu film tersebut tayang, tidak ada salahnya Anda menonton film bergenre sama. Berikut beberapa film bertema monster yang bisa Anda nikmati, seperti dilansir di laman Far Out Magazine, Rabu (3/3):

1. Godzilla

Godzilla adalah monster laut raksasa yang ada selama era prasejarah dan terbangun dari tidurnya oleh radiasi nuklir. Godzilla pertama kali muncul dalam film Jepang pada 1954. Sejak saat itu, Godzilla menjadi ikon budaya populer yang ditampilkan dalam beberapa remake, gim video, acara TV, serta sastra.

Karakter Godzilla awalnya dianggap sebagai metafora untuk kengerian senjata nuklir, setelah pengeboman Hiroshima-Nagasaki dan insiden Lucky Dragon 5. Dalam revisi selanjutnya, film Godzilla menjadi rumit karena terlihat membela umat manusia dari ancaman yang lebih besar. Meski begitu, Godzilla tetap menjadi pengingat yang mengejutkan tentang ketidakberdayaan kondisi manusia saat berhadapan dengan kekuatan alam.

2. King Kong

Sering disebut sebagai 'keajaiban dunia kedelapan', King Kong adalah gorila raksasa yang tetap dalam kesadaran arus utama sejak kemunculan pertamanya pada 1933. Selama bertahun-tahun, sekuel dan remake memberikan identifikasi King Kong dengan berbagai cara, mulai dari monster tanpa henti, hingga menjadi antihero yang tragis.

Film King Kong yang dibuat oleh Edgar Wallace dan Merian C Cooper adalah salah satu yang bermasalah. Kritikus telah menolak penciptaan sebagai perbuatan nilai-nilai rasis dan kolonialis. Mereka bersikeras dasar mitos King Kong dibangun dengan prasangka. Namun, gorila legendaris tersebut masih sangat populer dan akan segera ditampilkan dalam film Godzilla vs Kong yang akan datang.

3. Xenomorph

Xenomorph lebih dikenal sebagai alien. Makhluk itu merupakan kreasi mengerikan dari surealis Swiss HR Giger yang pertama kali terlihat dalam mahakarya Ridley Scott pada 1979. Karena tidak adanya modernitas teknologi dari penggambaran lain dari kehidupan di luar bumi, alien adalah makhluk primal yang bertindak berdasarkan naluri evolusioner mereka yang kejam.

Alien memiliki darah asam yang mengalir melalui tubuhnya dan wajah yang benar-benar menakutkan. Wajah itu pertama kali dibuat oleh desainer efek khusus Italia, Carlo Rambaldi. Banyak yang menganggap desain Giger untuk karakter tersebut sebagai persimpangan antara hidup dan mati yang merongrong pemahaman konvensional penonton tentang alam semesta.

4. The Fly 

Terhitung di antara film horor monster terbaik sepanjang masa, magnum opus David Cronenberg pada 1986 menyajikan kasus unik seorang ilmuwan Seth Brundle (diperankan oleh Jeff Goldblum) yang berubah menjadi makhluk setengah serangga setengah manusia karena mutasi. Berdasarkan cerita pendek eponymous 1957 oleh George Langelaan dan film 1958, Cronenberg menerjemahkan mimpi buruk Kafkaesque ke dalam medium sinematik.

Juga dikenal sebagai Brundlefly, Brundle menjadi monster ganas dengan atribut fisik manusia super dan naluri kebinatangan yang kuat. The Fly akhirnya memenangkan Academy Award untuk kategori rias wajah terbaik berkat Chris Walas dan Stephan Dupuis.

5. Monster Frankenstein

Novel Frankenstein karya Mary Shelley pada 1818 dianggap brilian, bercerita tentang kondisi manusia, dan ambisi tertentu dari legenda Faustian. Dalam kisah abadi Shelley, dia mencatat kisah tentang seorang ilmuwan yang membangun individu mengerikan dari bagian tubuh manusia yang sudah mati.

Sejak masa-masa awal perfilman, banyak pembuat film yang mencoba menceritakan kisah aneh monster Frankenstein. Namun, karya James Whale tentang subjek tersebut telah muncul sebagai penggambaran yang pasti.

Monster Frankenstein adalah sosok yang sangat tragis, terus-menerus mencoba mencari tahu identitasnya di dunia yang kejam. Dengan melakukan itu, dia tampak tidak begitu mengerikan dibandingkan manusia yang memusuhinya.

Masih ada sejumlah film bertema monster yang menakjubkan dan fenomenal di sepanjang sejarah perfilman. Beberapa di antaranya direkomendasikan adalah The Thing besutan John Carpenter, Dracula besutan Bram Stoker, The Predator arahan Jim dan James Thomas, film Korea Gwoemul, dan the Pale Man arahan sutradara Meksiko, Guillermo del Toro. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement