Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Mampukah Vaksin Sinovac Hadapi Varian Baru Covid B117?

Rabu 03 Mar 2021 19:25 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia menyebut kemampuan vaksin Covid-19 Sinovac lawan varian corona baru B117 masih butuh penelitian.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia menyebut kemampuan vaksin Covid-19 Sinovac lawan varian corona baru B117 masih butuh penelitian.

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ketua Satgas IDI mengatakan varian B117 sama-sama bisa dicegah dengan prokes ketat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Temuan varian baru Covid B117 di Indonesia menimbulkan sejumlah pertanyaan. Terutama terkait vaksin Sinovac yang tengah diberikan di Tanah Air. Mampukah vaksin ini menghadapi virus SARS CoV2 yang sudah bermutasi tersebut?

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban menjelaskan sejumlah vaksin seperti Pfizer sudah terbukti bisa menangkal virus corona mutasi baru B117. Namun, untuk vaksin Sinovac masih butuh penelitian lebih jauh.

"Bukti Sinovac bisa menangkal virus Inggris belum ada. Nanti kita akan mencari dari berbagai negara, mungkin Turki atau Brasil, kita harapkan bisa mendapatkan data apakah nanti Sinovac bisa menangkal virus B117 itu. Masih kita tunggu bukti ilmiahnya. Kita harapkan sinovac juga sama seperti Pfizer untuk menangkal B117," kata Zubairi, dihubungi Republika.co.id, Rabu (3/3).

Zubairi menjelaskan, penyebaran virus mutasi baru di Inggris begitu cepat sebelum dilakukan vaksinasi. "Begitu vaksinasi dimulai, kemudian yang dipakai di Inggris pakainya Pfizer, ternyata bisa melindungi," kata dia lagi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA