Rabu 03 Mar 2021 18:17 WIB

Istighfar yang Ditekuni Muslim Datangkan Beragam Manfaat

Terdapat sejumlah manfaat istighfar yang dilakukan secara rutin

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah manfaat istighfar yang dilakukan secara rutin. Ilustrasi istighfar
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Terdapat sejumlah manfaat istighfar yang dilakukan secara rutin. Ilustrasi istighfar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Istighfar atau permintaan maaf dan memohon ampunan kepada Allah SWT sangat dianjurkan kepada umat Islam. Banyak hadist dan kisah yang mengungkapkan keutamaan dan manfaat menekuni istighfar.  

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa orang yang menekuni istighfar akan mendapat kemudahan saat menghadapi kesulitan dan akan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga.

Baca Juga

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menekuni istighfar, Allah akan membuat setiap kesedihan menjadi kelonggaran, setiap kesempitan menjadi jalan keluar, dan memberi rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR Ibnu Majah)

Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan bahwa orang yang beruntung adalah orang yang dalam catatan amalnya ada amal istighfar. Sebagaimana diketahui, amal perbuatan manusia yang baik dan buruk selalu dicatat malaikat. 

عَنْ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ بُسْرٍ يَقُولُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طُوبَى لِمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيرًا  Dari Abdullah bin Busr RA, Rasulullah SAW bersabda, "Beruntunglah bagi orang yang mendapatkan di dalam catatan amalnya ada amalan istighfar yang banyak." (HR Ibnu Majah) 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement