Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Pangkalan Koalisi AS di Irak Diserang Roket

Rabu 03 Mar 2021 17:47 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Serangan roket (ilustrasi)

Serangan roket (ilustrasi)

Foto: AP
Sebuah peluncur roket ditemukan di kota al-Baghdadi di Provinsi Anbar.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Setidaknya sepuluh roket Katyusha menghantam pangkalan udara militer Ain Assad di Irak pada Rabu (3/3) pagi waktu setempat. Pangkalan itu diketahui menampung pasukan koalisi pimpinan Irak dan Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan laman Al Arabiya, juru bicara koalisi AS Kolonel Wayne Marotto mengungkapkan roket Katyusha mulai menghantam pangkalan udara pada pada pukul 07.20 waktu setempat. Belum ada laporan tentang korban jiwa atau luka akibat serangan tersebut.

Sebuah peluncur roket ditemukan di kota al-Baghdadi di Provinsi Anbar. Al-Baghdadi adalah desa terdekat dengan pangkalan militer AS. Sejauh ini belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Baca Juga

Itu merupakan serangan perdana yang mengincar pasukan AS sejak Washington melancarkan serangan ke perbatasan Irak-Suriah pekan lalu. Serangan tersebut membidik milisi yang berpihak atau didukung oleh Iran.

Pangkalan Ain Assad pertama kali digunakan pasukan AS pada 2003. Hal itu terjadi setelah invasi pimpinan AS berhasil menggulingkan diktator Saddam Hussein. Pasukan AS kemudian ditempatkan di sana di tengah perang melawan kelompok ISIS di Irak dan Suriah. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA