Rabu 03 Mar 2021 16:54 WIB

Program Covax Target Kirim 237 Juta Vaksin Covid-19 pada Mei

Vaksin akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan kelompok yang rentan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Penyuntikan vaksin, ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penyuntikan vaksin, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sekitar 11 juta dosis vaksin Covid-19 melalui program Covax akan dikirimkan ke negara miskin dan berkembang pada pekan ini. Program Covax menargetkan pengiriman 237 juta vaksin ke 142 negara miskin dan berkembang pada akhir Mei. 

Direktur Jenderal WHO Tedros Ghyebreyesus mengatakan, sejumlah negara seperti Angola, Kamboja, Kongo, dan Nigeria menerima vaksin yang dipasok oleh program Covax pada Selasa (2/3). Tedros mengatakan, sebanyak 624 ribu dosis vaksin Covid-19 tiba di Angola dan Afrika Selatan. Vaksin tersebut akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan kelompok yang rentan. 

Baca Juga

Jadwal pengiriman vaksin yang diproduksi oleh AstraZeneca dan Institut Serum India akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yakni pada Februari dan Maret, sedangkan gelombang kedua yaitu April dan Mei. 

"Tenggat waktu ini bergantung pada berbagai faktor termasuk persyaratan peraturan nasional, ketersediaan pasokan, dan pemenuhan kriteria lain seperti rencana penyebaran dan vaksinasi nasional yang divalidasi," ujar Tedros, dilansir Anadolu Agency, Rabu (3/3). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement