Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Program Covax Target Kirim 237 Juta Vaksin Covid-19 pada Mei

Rabu 03 Mar 2021 16:54 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Penyuntikan vaksin, ilustrasi

Penyuntikan vaksin, ilustrasi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Vaksin akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan kelompok yang rentan.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sekitar 11 juta dosis vaksin Covid-19 melalui program Covax akan dikirimkan ke negara miskin dan berkembang pada pekan ini. Program Covax menargetkan pengiriman 237 juta vaksin ke 142 negara miskin dan berkembang pada akhir Mei. 

Direktur Jenderal WHO Tedros Ghyebreyesus mengatakan, sejumlah negara seperti Angola, Kamboja, Kongo, dan Nigeria menerima vaksin yang dipasok oleh program Covax pada Selasa (2/3). Tedros mengatakan, sebanyak 624 ribu dosis vaksin Covid-19 tiba di Angola dan Afrika Selatan. Vaksin tersebut akan diprioritaskan untuk petugas kesehatan dan kelompok yang rentan. 

Jadwal pengiriman vaksin yang diproduksi oleh AstraZeneca dan Institut Serum India akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yakni pada Februari dan Maret, sedangkan gelombang kedua yaitu April dan Mei. 

Baca Juga

"Tenggat waktu ini bergantung pada berbagai faktor termasuk persyaratan peraturan nasional, ketersediaan pasokan, dan pemenuhan kriteria lain seperti rencana penyebaran dan vaksinasi nasional yang divalidasi," ujar Tedros, dilansir Anadolu Agency, Rabu (3/3). 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA