Rabu 03 Mar 2021 16:19 WIB

Pertamina Optimistis Blok Migas Rokan Dongkrak Ekonomi Riau

Targetnya Blok Rokan bisa memproduksikan total 1,5 miliar barel selama dua dasawarsa

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Pertamina berkomitmen akan memaksimalkan potensi Blok Migas Rokan, (ilustrasi).
Foto: Pertamina
Pertamina berkomitmen akan memaksimalkan potensi Blok Migas Rokan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina berkomitmen akan memaksimalkan potensi Blok Migas Rokan bukan saja untuk menyuplai kebutuhan nasional, tapi juga mendongkrak pembangunan ekonomi di Riau.

Ada empat komitmen Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan. Pertama, memberikan kontribusi dari hasil Blok Rokan terhadap Pendapatan Bagi Hasil Daerah. Kedua, badan usaha milik daerah berhak atas 10 persen PI Blok Rokan berdasarkan Kepmen ESDM 1923 K/10/MEM/2018.

Baca Juga

Ketiga, kegiatan operasional Blok Rokan akan melibatkan partisipasi perusahaan lokal  baik dalam bentuk barang, jasa, maupun tenaga kerja. Dengan demikian, ini akan menggerakkan keekonomian masyarakat Riau. "Terakhir, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan akan bersinergi dengan pemerintah daerah agar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan," kata Upstream Project Leader PHR Feri Sri Wibowo.

Sejauh ini, proses peralihan Wilayah Kerja (WK) Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) masih terus berlangsung sesuai tahapan. Peralihan ini akan memakan waktu hingga 23 pekan ke depan. Sukamto menjelaskan, proses peralihan sudah dilakukan sejak tahun 2019. "Kami sangat berkeinginan agar proses peralihan berlangsung lancar, tertib dan aman," kata Sukamto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement