Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Australia Kembangkan Disinfektan Basmi Virus dalam 90 Detik

Rabu 03 Mar 2021 16:11 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Ilustrasi Covid-19. Australia mengeluarkan disinfektan baru yang mampu membunuh virus covid-19 dalam 90 detik.

Ilustrasi Covid-19. Australia mengeluarkan disinfektan baru yang mampu membunuh virus covid-19 dalam 90 detik.

Foto: Pixabay
Praktik desinfeksi penting untuk mengurangi potensi kontaminasi virus Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Perusahaan farmasi Australia berhasil mengembangkan disinfektan pertama di dunia yang dapat membunuh Covid-19 dalam waktu 90 detik. Disinfektan yang dikembangkan oleh Australia, yang disebut ViroCLEAR, dikembangkan oleh BioInnovate dan dengan cepat untuk disetujui oleh Therapeutic Goods Administration (TGA) pada bulan lalu.

Disinfektan lainnya membutuhkan waktu selama 10 menit untuk membunuh virus corona. Bahkan beberapa merek lain tidak dapat melakukannya sama sekali. Namun, Ketua BioInnovate, Ross Macdougald, mengatakan terobosan itu dicapai setelah penelitian menyeluruh di NSW utara. Produksi semprotan dimulai di Melbourne minggu ini.

Macdougald mencontohkan, troli di supermarket yang baru saja dibersihkan, tidak terbebas dari virus corona. Pada kenyataannya, kata dia, Covid-19 dapat bertahan di permukaan itu selama 10 menit atau lebih dan sangat mudah menular.

"Hal yang sama berlaku untuk pegangan dan kursi di transportasi umum, meja universitas dan sekolah, ruang makan komunal dan di semua permukaan di panti jompo, di mana 683 penduduk lansia yang rentan telah meninggal." jelasnya, dilansir di NZ Herald, Rabu (3/3).

Selama pandemi, bisnis yang berhubungan dengan publik seperti supermarket telah melakukan tindakan pembersihan ekstra termasuk menggunakan disinfektan kelas rumah sakit, pembersihan konter dan permukaan lain secara teratur, pedoman mencuci tangan dan sarung tangan pelindung.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 dapat bertahan selama berhari-hari di permukaan tempat tetesan pernapasan mendarat. Ini meningkatkan risiko penularan jika orang yang tidak curiga menyentuhnya dan kemudian menggosok wajah atau tangan mereka.

Lamanya waktu virus corona bertahan di permukaan bergantung pada faktor-faktor seperti suhu dan jenis permukaan. Virus dapat hidup di plastik hingga 72 jam, baja hingga 48 jam, karton hingga 24 jam dan tembaga hingga maksimal empat jam.

"ViroCLEAR adalah disinfektan Covid-19 pertama di dunia yang dapat menggabungkan tiga elemen kecepatan, non-toksisitas, dan kemampuan beradaptasi untuk digunakan pada permukaan dan kulit," jelas Macdougald.

"Aman, cepat, iritasi rendah dan tidak mengering, sangat penting bagi mereka yang membersihkan tangan mereka berkali-kali sehari, seperti staf di tempat perhotelan dan panti jompo," tambahnya.

Pengembangan dan pelepasan disinfektan bertepatan dengan peluncuran vaksin virus corona Australia, yang dimulai minggu lalu dengan suntikan Pfizer dan akan mencakup vaksin AstraZeneca mulai 8 Maret.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA