Rabu 03 Mar 2021 14:16 WIB

PT KAI Daop 1 Jakarta Tertibkan Kawasan Pasar Gaplok

Penertiban dalam rangka mewujudkan keselamatan perjalanan KA yang aman dan nyaman.

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, Eva Chairunisa.
Foto: PT KAI
Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Daop 1 Jakarta kembali melakukan penertiban di jalur KA di sekitar Pasar Gaplok, kawasan Pasar Senen-Jakarta Pusat, Rabu (3/3). Penertiban ini merupakan upaya KAI dalam mewujudkan keselamatan Perjalanan Kereta Api (KA) yang aman dan nyaman.

Menurut Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Pasar Gaplok merupakan pasar yang sudah beraktivitas sejak puluhan tahun. Namun, kini terdapat sejumlah lapak para pedagang yang berada di area steril jalur rel KA. 

Atas kondisi tersebut PT KAI Daop 1 Jakarta kembali menertibkan aktivitas warga di sekitar jalur rel. Caranya, dengan menstrelisasi lingkungan jalur rel dari benda atau bangunan yang dapat menyebabkan gangguan serta membahayakan operasional KA. 

"Selain menertibkan aktivitas warga di jalur KA tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta juga melakukan penutupan permanen akses warga atau pedagang dari luar menuju jalur KA," kata Eva dalam siaran pers, Rabu (3/3).

Penertiban dilakukan menggunakan rangkaian Kereta Api Luar Biasa (KLB) dengan menarik 10 Gerbong Datar (GD). Penggunaan GD dalam penertiban ini bertujuan untuk mempercepat proses pembersihan area yang ditertibkan, serta mengangkut benda-benda yang mengganggu di dekat jalur KA. 

 

 

 

photo
Pasar Gaplok, Jakpus - (antara)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement