Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Ilmuwan Temukan Komet Baru yang akan Melintas Tahun Ini

Rabu 03 Mar 2021 12:25 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Komet. Ilustrasi.

Foto:
Komet Leonard dalam kondisi beku selama puluhan ribu tahun dan akan segera terlihat.


Komet Leonard mungkin terlihat dengan cerah karena jaraknya yang dekat dengan Bumi dan matahari. Pada 12 Desember mendatang, diperkirakan ini akan lewat dalam jarak 21,7 juta mil (34,9 juta kim) dari Bumi pada 3 Januari 2022, tepat satu tahun setelah penemuan, ini akan melewati jarak 57,2 juta mil (92 juta km) dari matahari.

Selama dua pekan pertama Desember, komet Leonard akan dapat dilihat pada pagi hari dan terlihat beberapa jam sebelum matahari terbit, rendah di langit wilayah timur laut. Ini akan melacak melalui konstelasi Coma Berenices, Boötes dan Serpens Caput.

Seharusnya benda itu mudah dilihat dengan teleskop kecil atau teropong dan dengan sedikit keberuntungan, dengan mata telanjang. Selama paruh kedua Desember, saat komet semakin dekat ke matahari, secara bertahap akan terserap ke dalam cahaya fajar dan akhirnya menghilang dari pandangan.

Komet Leonard akan disembunyikan oleh silau matahari yang cemerlang selama waktu ini, dengan cepat surut dari matahari dan Bumi setelah 3 Januari 2022 dan dengan cepat memudar. Apa yang bisa diharapkan adalah benda ini dapat terlihat dengan mata telanjang dan cukup terang bagi siapa saja yang bangun sebelum matahari terbit pada awal dan pertengahan Desember tahun ini.

Komet Leonard mungkin akan menjadi pemandangan sekali seumur hidup. Menurut EarthSky, setelah mengelilingi matahari, benda ini akan terlempar keluar dari tata surya dan tidak pernah terlihat lagi. Ini juga mungkin menjadi komet paling cemerlang dan dramatis tahun ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA