Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Sudan Gelar Festival Film Drive-in Pertama

Rabu 03 Mar 2021 09:42 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Festival film drive-in Sudan akan digelar selama sepekan.

Festival film drive-in Sudan akan digelar selama sepekan.

Foto: Petter Arvidson/BILDBYRAN
Festival film drive-in Sudan akan digelar selama sepekan.

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM -- Sudan pertama kalinya menggelar festival film dengan konsep drive-in. Festival film yang digelar selama sepekan ini terpaksa diputar di luar bioskop lantaran pandemi Covid-19.

Sekitar 100 mobil berjajar di lapangan parkir di daerah Khartoum, dengan layar besar di depannya. Festival film yang diselenggarakan oleh British Council akan menayangkan film-film Sudan dan Eropa. 

Baca Juga

"Kami menonton film dari mobil kami, dan itu adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya di Sudan," kata Asmaa, salah satu warga Sudan yang datang untuk menonton film.

"Saya sangat senang festival ini memutar film-film Sudan, dan kami mendorong semua anak muda dan kreatif untuk memproduksi film. Kami membutuhkan program seperti ini di Sudan," kata Rabab al-Haj, penonton lainnya. 

Setelah rezim Omar al-Bashir digulingkan pada 2019, ruang publik di Sudan perlahan-lahan bergairah. Didukung oleh berbagai seniman, kini ruang kreatif di Sudan juga mulai 'direklamasi'.

Tak hanya itu, saat ini cukup banyak film Sudan yang menarik perhatian sineas global. Salah satunya "You Will Die at Twenty" yang telah dikirim ke Academy Awards pada tahun 2020.

"Sejak 2018 Festival Film Sudan diperluas untuk memasukkan film-film Sudan. Adapun untuk pelaksanaan tahun ini agak berbeda menjadi drivein sebagai tindakan pencegahan terhadap COVID-19," kata direktur British Council Robin Davies seperti dilansir dari Reuters pada Rabu (3/3).

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA