Rabu 03 Mar 2021 08:44 WIB

Lukisan Winston Churchill Milik Angelina Jolie Laku Rp 163 M

Harga penjualan lukisan Winston Churchill ini memecahkan rekor penjualan sebelumnya.

Lukisan Winston Churchill
Foto: EPA/ERIK S. LESSER
Lukisan Winston Churchill

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemandangan Maroko yang dilukis oleh Winston Churchill dan dimiliki oleh Angelina Jolie dijual di lelang pada hari Senin (1/3) lalu seharga lebih dari 11,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 163,3 miliar (kurs Rp 14.200 per dolar AS). Harga tersebut memecahkan rekor sebelumnya untuk sebuah karya seni pemimpin Perang Dunia II asal Inggris ini.

Dilansir USA Today, Selasa (2/3), Lukisan Menara Masjid Koutoubia dijual di balai lelang Christie's di London seharga 8.285.000 poundsterling (11.590.715 dolar AS). Perkiraan pra-penjualan adalah 1,5 juta poundsterling hingga 2,5 juta poundsterling, dan rekor harga sebelumnya untuk lukisan Churchill hanya di bawah 1,8 juta poundsterling.

Baca Juga

Gambar masjid abad ke-12 di kota Marrakesh saat matahari terbenam, dengan Pegunungan Atlas sebagai latar belakang, adalah bagian dari sejarah politik dan Hollywood.

Satu-satunya lukisan yang diselesaikan oleh Churchill, diselesaikan setelah Konferensi Casablanca Januari 1943, di mana Churchill dan Presiden AS Franklin D Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman.

Kedua pemimpin mengunjungi Marrakesh setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt. Churchill memberikan lukisan itu kepada Roosevelt sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut.

Lukisan itu dijual oleh putra Roosevelt setelah kematiannya pada tahun 1945. Lukisan tersebut telah berpindah ke beberapa pemilik sebelum Angelina Jolie dan Brad Pitt membelinya pada tahun 2011. 

Pasangan itu berpisah pada 2016 dan telah menghabiskan bertahun-tahun terlibat dalam proses perceraian, di tengah spekulasi tentang pembagian koleksi seni mereka yang luas. Mereka resmi bercerai pada 2019.

 Lukisan itu dijual oleh badan yang menangani Koleksi Keluarga Jolie. Namun pihak keluarga Jolie tidak mengungkapkan siapa pembeli lukisan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement