Rabu 03 Mar 2021 08:34 WIB

Kembalinya Hardianus Bisa Tingkatkan Serangan SM Pertamina

Hardianus selama ini dikenal sebagai pemain senior di SM Pertamina.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebasket Indonesia Patriots Hardianus Lakudu (kiri).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pebasket Indonesia Patriots Hardianus Lakudu (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kembalinya Hardianus Lakudu ke tim Satria Muda (SM) Pertamina dipercaya bisa meningkatkan efektivitas serangan. Selain berpengalaman, kemampuan bertahan Hardianus sudah tidak diragukan lagi.

Belajar dari kasus SM Pertamina Jakarta musim lalu, jumlah rata-rata turnover selama 13 pertandingan adalah 13,8 per laga. Jumlah tersebut cukup tinggi mengingat SM hanya punya Christian Gunawan yang bertugas sebagai point guard utama. Meski dia bukan penyumbang kesalahan tertinggi. Ada Gary Jacob Jr dengan 4,4 turnover per pertandingan.

Sedangkan, Christian Gunawan 1,6 turnover per pertandingan. Tetapi Gary adalah penyumbang assist dan point tertinggi di timnya.

Musim 2021, yang digelar tanpa pemain asing, bisa mengubah gaya permainan tim-tim peserta liga. Tak terkecuali SM. Tapi SM punya keuntungan karena empat pemain yang sebelumnya tergabung di Indonesia Patriots, kini masuk line-up tim asuhan Milos Pejic. Dari empat nama itu, Hardianus jadi salah satu yang menarik perhatian.

Hardianus tampil 12 dari total 13 laga bersama Patriots di IBL 2020. Dilansir dari IBL Indonesia, Selasa (2/3), ia mencetak rata-rata 5,0 PPG dan 3,5 APG. Kontribusi assist yang tinggi dengan rata-rata turnover hanya 1,7 per pertandingan.

Hardianus jadi point guard yang fokus pada membagi bola dan bertahan dari serangan lawan. Sedangkan, di Patriots musim lalu, penyumbang turnover tertinggi adalah Andakara Prastawa Dhyaksa dan Abraham Damar Grahita. Tapi keduanya adalah point guard penyumbang poin terbanyak bagi Patriots.

Melihat fakta-fakta tersebut, peran Hardianus untuk tim SM di IBL 2021 sangat penting. Terutama saat tidak ada Gary Jacobs. Maka lebih baik bagi SM untuk memanfaatkan kolektivitas tim. Hardianus dikenal sebagai pemain senior di SM, tentu akan mudah mengatur rekan-rekannya. Lalu saat pertahanan makin kuat, maka bisa meningkatkan persentase serangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement