Rabu 03 Mar 2021 07:45 WIB

Menteri Ekonomi ASEAN Sepakat Fokus Pulihkan Ekonomi Kawasan

Dimulainya program vaksinasi diyakini akan mendorong upaya pemulihan ekonomi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi bersama sembilan Menteri Ekonomi/Perdagangan Negara Anggota ASEAN menggelar Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM Retreat) ke-27 yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (2/3).

Lutfi mengatakan, ditemukannya vaksin Covid-19 dan dimulainya program vaksinasi diyakini akan mendorong upaya pemulihan ekonomi dan penguatan rantai nilai global. “Indonesia telah memulai program vaksinasi Covid-19 yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menangani dampak pandemi dan mendorong kembali kegiatan perekonomian,” kata Lutfi dalam pernyataan resminya, Rabu (3/3).

Baca Juga

Lutfi mengatakan, upaya pemerintah memfokuskan perhatian pada testing, tracing dan treatment (3T), serta program vaksinasi akan meningkatkan kepercayaan dalam langkah pemulihan sektor ekonomi secara keseluruhan.

Beberapa hal strategis yang telah dilakukan Indonesia, di antaranya adalah membuka sektor-sektor produktif pendukung pemulihan ekonomi, mempercepat stimulus fiskal, meningkatkan sisi permintaan dan penawaran, menyusun kebijakan moneter yang mendukung pemulihan, serta digitalisasi perekonomian, khususnya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement