Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Prodi Matematika UMM Luncurkan Program ASIK Plus

Rabu 03 Mar 2021 07:42 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi kegiatan perkuliahan di Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ilustrasi kegiatan perkuliahan di Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Foto: Dok. Humas UMM
ASIK Plus merupakan singkatan dari Asistensi Magang Skripsi dan KKN

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan program ASIK Plus. Program ini salah satu cara mendorong program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbud RI.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMM, Mahfud Effendi menjelaskan, program ASIK Plus merupakan singkatan dari Asistensi Magang Skripsi dan KKN. Plus berarti program insidental yang setara dengan kegiatan MBKM. Pada praktiknya nanti, mahasiswa akan mendapatkan paket program.

"Yang terdiri dari asistensi mengajar pada institusi pendidikan, magang, skripsi atau riset, dan KKN," kata Mahfud.

Baca Juga

Menurut Effendi, keempat kegiatan tersebut dapat dipilih mahasiswa sendiri. Hal ini dapat dilakukan terutama di satuan pendidikan yang sudah memiliki MoU dengan Prodi Pendidikan Matematika UMM.

Selain itu, Prodi Pendidikan Matematika UMM juga telah menyiapkan kebijakan konversi nilai untuk empat mata kuliah yang mendukung program ASIK Plus. Pertama, praktik asistensi mengajar akan dikonversikan pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika SLP. Kemudian juga dengan mata kuliah Bahasa Pemrograman, Kapita Selekta SLA, Desain Grafis, Desain Web dan Komputasi Matematika.

Kedua, kegiatan magang akan diekuvalensikan dengan mata kuliah PLP 1 dan PLP 2. Selanjutnya, kegiatan riset mahasiswa akan disetarakan dengan mata kuliah Proposal Penelitian, Seminar Satematika, dan Skripsi. Terakhir, program KKN yang dapat dilakukan sesuai dengan pilihan mahasiswa.

Mahfud menegaskan, Prodi Matematika saat ini telah menyiapkan program-program yang akan ditawarkan pada mahasiswa. "Ini untuk mempersingkat masa belajar sekaligus memfasilitasi kemerdekaan belajar mahasiswa,” ucap Mahfud dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Selasa (2/3).

Di samping ASIK Plus, Prodi Pendidikan Matematika juga memaparkan beberapa program unggulannya. Beberapa di antaranya seperti program setara DI Komputer dan Olimpiade Matematika. Lalu Beasiswa Alumni, Bantuan Dosen untuk Mahasiswa dan Klinik Bantuan Belajar.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA