Rabu 03 Mar 2021 08:40 WIB

DKI Siap Sanksi Kafe yang 5 Kali Langgar Protokol Kesehatan

Wagub DKI mengatakan tidak ada bekingan soal kafe Odin di Jakarta Selatan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Foto: Republika/Flori Sidebang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI siap memberi sanksi tegas terhadap kafe Odin Bar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tanpa pandang bulu. Kafe itu telah lima kali melanggar protokol kesehatan.

"Laporkan pada kami, nanti kami beri sanksi. Mau Odin, mau segala macam, enggak ada bekingan siapapun, yang tidak patuh laporkan. Lima kali kapan saja nanti akan saya panggil Satpol PP," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Odin Bar diketahui telah lima kali melanggar protokol kesehatan. Saat pelanggaran keempat pada Jumat malam (23/1), Satuan Polisi Pamong Praja mengancam bakal mencabut izin operasional kafe tersebut.

Kala itu, Odin Bar kedapatan melanggar aturan jam operasional selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat razia gabungan malam itu, Kepala Satpol PP DKI Arifin mengatakan Odin Bar kedapatan masih beroperasi hingga pukul 22.00. 

Padahal selama pengetatan, seluruh usaha nonesensial hanya diperbolehkan buka hingga pukul 19.00. Satpol PP bersama polisi saat itu memasang garis polisi dan menyegel Odin Bar. 

Adapun, pelanggaran kelima terjadi saat razia gabungan pada Ahad (7/2) lalu. Saat itu, puluhan pengunjung kedapatan berkumpul dalam satu ruangan di Odin Cafe.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada awal Februari lalu juga telah mendesak pemerintah provinsi untuk mencabut izin usaha Odin Bar. Alasannya, tempat itu sudah berkali-kali kedapatan melanggar protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Riza kembali mengingatkan kepada pelaku usaha kafe, restoran, ataupun rumah makan untuk mengikuti ketentuan pemerintah yang hanya mengizinkan operasional sampai pukul 21.00 dan membatasi jumlah pengunjung maksimal 50 orang. Jangan lagi, lanjut Riza, ada usaha mengecoh petugas dengan berpura-pura tutup. 

Ia menjelaskan upaya mengecoh tersebut, yakni sejak tengah malam sampai dini hari, mereka kembali beroperasi secara terselubung. Kemudian, kendaraan pengunjung disembunyikan di areal parkir di tempat lain. 

Kemudian, lampu bagian depan gedung dimatikan seolah-olah mereka tidak ada aktivitas. "Jangan lagi menyiasati atau mengakali petugas. Memang ada beberapa kafe ternyata setelah jam 21 malam tutup, tapi beberapa jam kemudian buka dengan cara lampu-lampu di luarnya dimatikan dan sebagainya. Kemudian pengunjung beberapa juga sudah tahu, bahwa nanti setelah 1-3 jam (dini hari) dibuka kembali. Nah itu tidak kami perkenankan dan apabila kami temukan akan kami berikan sanksi lebih berat dari biasanya," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta bakal langsung mencabut izin operasional tempat pariwisata termasuk kafe atau restoran bila ditemukan pelanggaran terhadap tiga kasus, yaitu perjudian, prostitusi dan penyalahgunaan narkoba. Hal itu telah tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

Sementara saat PSBB ketat ini atau PPKM Mikro, aturannya bertambah dengan Pegub Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19. Aturan ini mengamanatkan jika telah lima kali melakukan pelanggaran protokol kesehatan maka akan dikenakan pencabutan izin.

Terakhir yang kedapatan melanggar peraturan protokol ini, adalah kafe RM dan kafe Brotherhood. Sementara kafe Brotherhood diberi sanksi penutupan usaha sementara, kafe RM dicabut izinnya karena berulang kali melakukan pelanggaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement