Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Tentara Sudan Maju ke Wilayah Sengketa dengan Ethiopia

Selasa 02 Mar 2021 21:20 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Peta wilayah Sudan.

Peta wilayah Sudan.

Foto: africa-confidential.com
Selama puluhan tahun, Sudan dan Ethiopia bersengketa mengenai perbatasan.

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM -- Media Sudan melaporkan, angkatan bersenjata negara itu bergerak maju untuk merebut Barkhat, wilayah terakhir di al-Fashqa yang masih dikuasai Ethiopia.

Pada Selasa (2/3) kantor berita Turki, Anadolu Agency, melaporkan surat kabar Sudan Tribute mengutip sumber militer yang mengatakan sejak Senin (1/3) kemarin terjadi bentrokan antara tentara Sudan dan Ethiopia di perbatasan kedua negara. Pasukan Eritrea membantu pasukan Ethiopia.

Sumber tersebut mengatakan tentara Sudan bergerak maju ke arah Barkhat setelah merebut kembali Kurdia. Sudan Tribute melaporkan pasukan Ethiopia dan sekutunya mengalami 'kekalahan yang besar'.

Baca Juga

Surat kabar itu juga mengatakan, pasukan Ethiopia dan Eritrea berkumpul di daerah tersebut dengan persenjataan militer berat. Hingga kini belum ada komentar resmi dari Sudan, Ethiopia dan Eritrea.

Selama puluhan tahun Sudan dan Ethiopia bersengketa mengenai perbatasan sepanjang 1.600 kilometer di Segitiga al-Fashqa. Konflik di perbatasan yang tak memiliki garis demarkasi yang jelas itu kembali pecah pada bulan November lalu.

Khartoum mengatakan, mereka mengendalikan wilayah Sudan di mana milisi Ethiopia muncul. Sementara Addis Ababa menuduh tentara Sudan mengendalikan wilayah Ethiopia. Sudan membantah klaim tersebut. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA