Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Diplomasi Vaksin Covid-19 China Dianggap Sukses

Selasa 02 Mar 2021 21:06 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Seorang petugas kesehatan menunjukkan botol vaksin Covid-19 Sinovac asal China, ilustrasi

Seorang petugas kesehatan menunjukkan botol vaksin Covid-19 Sinovac asal China, ilustrasi

Foto: EPA
Produsen vaksin China mengklaim dapat menghasilkan setidaknya 2,6 miliar vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Program diplomasi vaksin China dianggap berjalan dengan sukses. Berdasarkan perhitungan kantor berita The Associated Press Selasa (2/3) China telah menjanjikan hampir setengah miliar dosis vaksin Covid-19 ke lebih dari 45 negara.

Dengan empat produsen vaksin China mengeklaim dapat menghasilkan setidaknya 2,6 miliar vaksin tahun ini, tampaknya sebagian besar populasi dunia tidak divaksin menggunakan vaksin dari negara-negara Barat yang dibanggakan kemanjuran, tapi dengan vaksin China.

Data mengenai vaksin untuk publik masih langka karena itu masih banyak pihak yang ragu dengan efektivitas dan keamanan vaksin China. Hal itu terutama di negara-negara yang mengandalkannya. Selain itu juga banyak negara yang masih menerka apa yang diinginkan Negeri Tirai Bambu sebagai balasannya.

Baca Juga

Namun sudah 25 negara yang memulai program vaksinasi massal dengan vaksin China. AP melaporkan, berdasarkan laporan dari pemerintah dan perusahaan-perusahaan farmasi kini jumlah negara yang menggunakan vaksin China bertambah 11 negara.  

Sementara itu, negara-negara Barat masih belum bisa memastikan apakah mereka dapat berbagai pasokan vaksin atau tidak. Pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengecilkan kemungkinan berbagi vaksin dengan Meksiko. Washington mengatakan, saat ini masih fokus berusaha melindungi populasi dalam negeri dari virus corona.

 

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA