Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Porsi Ideal Konsumsi Buah dan Sayur Demi Panjang Umur

Selasa 02 Mar 2021 18:23 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).

Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
Konsumsi buah dan sayur setiap hari sudah sejak lama dianjurkan demi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi buah dan sayur setiap hari sudah sejak lama dianjurkan demi menunjang kesehatan. Namun, tiap orang mungkin mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi berbeda-beda.

Peneliti dari Harvard University menemukan, jumlah porsi yang ideal untuk mengonsumsi sayur dan buah adalah lima porsi per hari. Lima porsi ini terdiri atas dua porsi buah dan tiga porsi sayuran.

Menurut studi terbaru yang mereka lakukan, konsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur per hari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Konsumsi porsi yang lebih banyak dari itu,tampak tidak berkaitan dengan semakin panjangnya harapan hidup.

Studi ini dipimpin ahli epidemiologi dan ahli gizi dari Harvard University, yaitu Dr Dong Wang. Studi ini melibatkan dua database besar dan 26 studi dengan total partisipan sebanyak dua juta dari berbagai berlahan dunia.

Berdasarkan studi ini, orang-orang yang mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur per hari memiliki risiko kematian 13 persen lebih rendah dibandingkan orang-orang yang hanya mengonsumsi dua porsi buah dan/atau sayur per hari.

Selain itu, orang-orang yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayur per hari memiliki risiko 12 persen lebih rendah untuk mati akibat penyakit jantung. Mereka juga memiliki risiko 35 persen lebih rendah untuk mati karena penyakit pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kroniks (PPOK). Sedangkan risiko kematian akibat kanker menurun 10 persen pada kelompok tersebut.

Konsumsi lebih dari tiga porsi sayur dan dua porsi buah per hari tetap aman dilakukan selama tidak berlebihan. Akan tetapi tindakan tersebut tidak memberikan manfaat tambahan terhadap harapan hidup.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA