Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Konversi Bank Riau ke Syariah Ditarget Kelar Semester I 2021

Selasa 02 Mar 2021 15:24 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Bank Riau-Kepri.

Bank Riau-Kepri.

Foto: Bankriau.kepri.co.id
Bank Riau Kepri telah menyampaikan laporan perkembangan persiapan konversi pada OJK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Riau Kepri (BRK) menyatakan akan resmi konversi menjadi bank syariah pada tahun ini. Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchori menyampaikan target konversi selesai pada semester I 2021.

"Kami menargetkan konversi jadi syariah pada semester pertama 2021 ini, persiapannya sudah hampir rampung," katanya pada Republika.co.id, Selasa (2/3).

BRK telah menyampaikan laporan perkembangan persiapan konversi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 12 Januari 2021. Andi mengatakan persiapan terkait administrasi, prosedur, dan sosialisasi pada nasabah sudah hampir selesai.  

Baca Juga

Saat ini, BRK dan regulator sedang menjalani tahap asistensi yang dilakukan dalam beberapa sesi. Asistensi sudah digelar sebanyak dua kali dan akan dilanjutkan untuk membahas teknis per fokus bidang, misal dari sisi IT, kesiapan produk, dan hal-hal teknis lainnya.

"Dari kita persiapannya untuk sisi teknis, administrasi, dokumentasi, sosialisasi, infrastruktur, hingga persiapan sumber daya insaninya itu sudah selesai," katanya.

Seluruh sumber daya insani yang ada di BRK kini sudah menjalani pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi syariah. Persetujuan nasabah pendanaan pun sudah mencapai 91 persen, lebih cepat dari target yang satu tahun lagi.

Selain proses di regulator, persiapan payung hukum atas konversi BRK juga sudah mencapai tahap finalisasi. Pengesahannya dalam rapat paripurna pemerintah daerah akan dilaksanakan pada Maret 2021.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA