Selasa 02 Mar 2021 14:52 WIB

Varian Mutasi Corona B117 Asal Inggris Masuk Indonesia

Wamenkes menyebut dua kasus virus corona hasil mutasi B117 ditemukan di Indonesia.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona B117, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, kini telah masuk Indonesia. Sedikitnya dua kasus terkonfirmasi B117 ditemukan di Tanah Air hingga Selasa (2/3).

"Tadi saya mendapatkan informasi menemukan mutasi B117 dari Inggris di Indonesia. Ini fresh from the oven, tadi malam ditemukan dua kasus," ujarnya saat mengisi konferensi virtual acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).

Dante mengatakan temuan didapatkan dari pemeriksaan 462 spesimen atau sampel dari berbagai wilayah Indonesia lewat Whole Genome Sequence (WGS) dalam beberapa bulan ini. Dua kasus B117 kemudian ditemukan.

Penemuan varian baru virus corona ini menurutnya menjadi tantangan penanganan pandemi di Indonesia. "Tantangan baru ke depan harus lebih mengembangkan supaya proses riset lebih cepat, penanganan lebih baik, dan studi epidemiologis secara analitik karena proses mutasi ada di sekitar kita," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengaku belum mengetahui pasti masuknya varian baru virus ini. "Ini masih aku tanyakan kepada unit terkait," ujarnya saat dihubungi Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement