Selasa 02 Mar 2021 13:19 WIB

Cerita Ilmuwan Bertualang di Laut Dalam, Temukan Ikan Purba

Ilmuwan Hans Fricke bahkan memiliki rumah di dasar laut.

Pemandangan bawah laut di Pantai Sulamadaha, Ternate. ilustrasi
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Pemandangan bawah laut di Pantai Sulamadaha, Ternate. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Laut asal Jerman, Hans Fricke paling suka bekerja di laut dalam. Untuk bisa bertahan lama, ia membuat kapal selam dan tempat tinggal di dasar laut.

Hans Fricke yang berasal dari Jerman terutama meneliti di laut dalam. Pakar biologi laut itu menyelidiki perilaku ikan dan mahluk hidup lainnya di laut.

Baca Juga

Ia sebenarnya punya banyak profesi, yaitu sebagai profesor, pembuat film tentang hewan, juga penulis buku. Tapi ia terutama: pencinta alam bawah laut.

Ia bercerita bagaimana rasanya jika sedang menyelam di laut. "Orang berenang di situasi tanpa bobot. Orang jadi seperti melayang dan itulah yang selalu saya nikmati. Orang jadi seperti astronot dan bergerak bebas di ruangan," begitu katanya.

10.000 jam di lautan

Sekarang pakar biologi laut itu sudah melewati 10.000 jam di lautan. Dia kerap selama bertahun-tahun hanya meneliti satu spesies ikan.

Misalnya ikan yang disebut Triggerfish. Lewat eksperimennya, Hans Fricke membuktikan, bahwa ikan ini bisa belajar tentang makanan kesukaannya, yaitu landak laut.

Sebagai pakar biologi laut, ia tidak menggunakan mobil sebagai kendaraan dinasnya, melainkan kapal untuk menyelam. Hans Fricke ikut membuatnya, dan menggunakannya saat menyelam 420 meter.

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement