Selasa 02 Mar 2021 10:33 WIB

Ingin Sertakan Salah ke Olimpiade, Mesir akan Lobi Liverpool

Timnas sementara U-23 Mesir akan dipimpin oleh Mohamed Salah dan Mohamed El-Shenawy.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah.
Foto: EPA-EFE/Clive Rose
Penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pelatih timnas U-23 Mesir, Shawky Gharib, mengungkapkan, bakal memasukkan nama Mohamed Salah dalam daftar sementara timnas U-23 Mesir, yang dipersiapkan tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Untuk itu, Federasi Sepak Bola Mesir (EFA) bakal melobi Liverpool guna mengizinkan salah satu penyerang andalannya itu tampil di cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

Berdasarkan ketentuan, negara yang telah lolos kualifikasi di cabang olahraga olimpiade berhak menyertakan tiga pemain berusia di atas 24 tahun dalam skuadnya.

Rencananya, pelatih timnas U-23 Mesir, Shawky Gharib, akan menyertakan Salah dalam skuad sementara timnas Mesir U-23 di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Selain Salah, Gharib juga akan memanggil salah satu penjaga gawang senior timnas Mesir, Mohamed El-Shenawy, yang telah berusia 32 tahun.

''Timnas sementara U-23 Mesir akan dipimpin oleh Mohamed Salah dan Mohamed El-Shenawy, serta sejumlah penjaga gawang senior lainnya,'' ujar Gharib kepada salah satu stasiun televisi Mesir seperti dilansir Sports Mole, Selasa (2/3).

Kendati begitu, Gharib mengakui, hingga saat ini, EFA belum melakukan pembicaraan formal dengan Liverpool, selaku klub pemilik Salah, terkait rencana menyertakan penyerang berusia 28 tahun itu di cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. Rencananya, Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Alhasil, apabila nantinya disertakan di skuad U-23 Mesir, maka Salah akan absen pada sejumlah laga awal Liga Primer Inggris musim 2021/2022, yang rencananya bakal menggelar laga perdana pada awal Agustus mendatang. ''Salah adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Rasanya normal memanggil dia guna memperkuat timnas U-23 Mesir di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Kami akan memulai pembicaraan secara resmi dengan Liverpool setelah jeda internasional pada akhir Maret mendatang,'' jelas Gharib.

Timnas Mesir akan melakoni sejumlah laga internasional pada pengujung Maret, termasuk saat menghadapi Kenya di babak kualifikasi Piala Afrika 2021 pada 21 Maret. Setelah itu, the Pharaohs akan beradu kualitas dengan Comoros dalam ajang yang sama pada 30 Maret mendatang.

Salah pun kemungkinan besar akan disertakan dalam skuad Mesir di dua laga internasional tersebut. Saat ini, eks winger AS Roma itu berada di urutan teratas daftar top skorer sementara Liga Primer Inggris dengan torehan 17 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement