Selasa 02 Mar 2021 10:06 WIB

Menkop Gandeng ITB Susun Platform Kewirausahaan Nasional

Pemerintah akan menyediakan biaya untuk startup buatan mahasiswa di program inkubator

Rep: Iit Septyaningsih / Red: Agus Yulianto
Menteri KUKM RI Teten Masduki
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri KUKM RI Teten Masduki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi usulan platform kewirausahaan nasional yang digulirkan kalangan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Platform semacam itu pun digunakan di Jepang. 

"Pemerintah akan menyediakan biaya untuk startup buatan mahasiswa yang masuk dalam program inkubator," ujar Teten pada acara diskusi Potensi Kerja Sama Pengembangan Kewirausahaan, secara daring pada Senin (1/3). 

Dia berharap, program tersebut mampu menjawab pertanyaan arah ekonomi Indonesia ke depan yang menjadikan teknologi digital salah satu kuncinya. Dirinya menjelaskan, saat Pra-Inkubasi diperlukan penyaringan untuk produk atau model bisnis yang sudah unggul. Diperlukan pula pendampingan produk secara serius.

"Secara keseluruhan, saya merasa cocok dan setuju dengan program-program usulan yang diberikan ITB,” ujar Teten. 

Dia pun meminta, Deputi Kewirausahaan mengakomodasi usulan tersebut agar diteruskan menjadi usulan Kementerian Koperasi dan UKM kepada Bappenas. Pasalnya, hal tersebut sejalan dengan output dari Kemenkop (Kementerian Koperasi dan UKM) yang ingin mencetak wirausaha unggul berbasis teknologi. "Dengan begitu, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kita dapat lebih bersaing," tuturnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement