Senin 01 Mar 2021 20:41 WIB

Bhabinkamtibmas Polda Gorontalo Mulai Divaksin

Bhabinkamtibmas Polres Bone Bolango dapat kesempatan pertama divaksin jenis Sinovac.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Kapolres Bone Bolango, AKBP Suka Irawanto saat divaksin.
Foto: Dok. Polres Bone Bolango
Kapolres Bone Bolango, AKBP Suka Irawanto saat divaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Vaksinasi terhadap anggota polisi di Polda Gorontalo mulai dilakukan Senin (1/3). Sebanyak 82 anggota Bhabinkamtibmas Polres Bone Bolango, mendapat kesempatan pertama divaksin jenis Sinovac. Vaksinasi perdana ini digelar di Mapolres Bone Bolango dengan.

"Kita prioritaskan anggota Bhabinkamtibmas karena mereka ujung tombak dalam menyosialisasikan, mengawal pendistribusian, hingga pelaksanaan vaksinasi Covid- 19," kata Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id.

photo
Anggota Bhabinkamtibmas Polres Bone Bolango, Polda Gorontalo, saat menjalani vaksinasi. - (Dok. Polres Bone Bolango)
 

Menurut Kapolres Bone Bolango, AKBP Suka Irawanto, vaksinasi tahap satu dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) juga diberikan kepada pejabat utama dan perwakilan Bhayangkari. Ia mengatakan, Polres Bone Bolango menjadi Polres pertama di wilayah Polda Gorontalo yang mendapat vaksin Sinovak. 

"Satu kehormatan bagi Polres Bone Bolango karena jadi yang pertama. Ini menjadi pendorong bagi kami dalam mewujudkan Polri yang Presisi di masa pandemi Covid -19,’’ ujar dia.

Dikatakan Suka, dalam vaksinasi hari pertama sebanyak 133 orang yang mendaftar. Dari jumlah tersebut sebanyak 120 mendapatkan vaksin, 11 orang ditunda karena memiliki penyakit bawaan dan batuk dan pilek, serta dua orang terkonfirmasi Covid 19 pada bulan Januari sehingga harus menunggu waktu sesuai dengan aturan. 

Ia mengatakan, tim vaksinator terdiri dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Puskesmas Suwawa, dan Puskesmas Suwawa Tengah. "Vaksinasi ini akan berlangsung selama dua hari dan rencananya sebanyak 250 personel mendapatkan vaksin," tutur dia .

Vaksisasi bagi anggota Polri di Polda Gorontalo ini disambut gembira. Bripka Alfret Tumiwa anggota Bhabinkamtibmas Polsek Suwawa, Polres Bone Bolango, mengaku bangga mendapat kesempatan pertama. Ia mengaku sudah menunggu-nunggu bisa divaksin Sinovac ini. 

"Saya senang sekali bisa divaksin. Ini satu kebanggaan bagi saya karena mendapat kesempatan pertama. Pimpinan tahu betul tugas kami (Bhabinkamtibmas) di lapangan," ujar anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Pangi, Kecamatan Suwawa Timur ini.

Bapak satu anak yang sudah bertugas tujuh tahun sebagai Bhabinkamtibmas ini, mengaku akan semakin percaya diri dalam menjalankan tugasnya di lapangan. "Vaksin ini tidak hanya bermanfaat untuk saya, tapi juga bagi anak istri, serta masyarakat. Masih ada tahap kedua untuk vaksin. Kalau sudah tahap dua saya akan semakin percaya diri dalam  mensosialisasikan vaksinasi," tutur dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement